Tags

, , , , , , , , ,

Your phone date is inaccurate! Adjust your clock and try again.” Pesan error seperti ini muncul ketika membuka aplikasi Whatsapp di platform Android. Entah apa yang menyebabkan error ini di Whatsapp smartphone teman saya, yang pasti hal ini cukup menyebalkan juga karena errornya kurang spesifik dan tidak jelas. Yang terpikirkan oleh saya adalah kenapa Whatsapp seperti ini? Selalu muncul inaccurate time and date. Hal pertama yang akan kita lakukan kalo ada error seperti ini pasti mengecek settingan jam di smartphone dan memastikan bahwa waktu di smartphone sesuai dengan waktu sekarang. Tetapi ternyata bukan itu masalahnya.

Setelah saya cek, waktu di smartphonenya sesuai dengan waktu yang benar. Dan settingannya pun menggunakan auto-network provided time (jam di smartphone akan sinkron dengan jam di server operator) dan auto-time zone (pengaturan zona waktu akan menyesuaikan posisi kita, diambil dari lokasi jarigan kita). Sudah saya coba dengan mengeset jam dan tanggal secara manual dan melakukan restart device beberapa kali juga, tetap pesan error ini muncul ketika whatsapp dibuka.

Kemudian iseng-iseng saya coba lihat di Playstore apa ada notifikasi update untuk aplikasi Whatsapp ini, ternyata tidak ada. Saya pikir untuk mencoba uninstall Whatsapp dari smartphonenya. Setelah uninstall, langsung saya install lagi Whatsapp dari Playstore dan voilaaaaaa, Whatsapp berjalan dengan normal!

Aneh? Pasti. Karena ternyata pesan error itu ditampilkan untuk memberitahu user bahwa versi Whatsapp yang terinstall di smartphone tidak sesuai dengan versi di server (mungkin outdate, mungkin butuh update, mungkin butuh di reinstall, atau lainnya). Tapi sebaiknya jika memang ada updatean terbaru yang harus diupdate oleh user, akan lebih baik jika pesan error yang muncul lebih relevan, bukan karena settingan waktu smartphone yang tidak sesuai. Karena dari hasil semedi sama si OmGug, untuk beberapa kasus ini dapat di solved dengan update aplikasi langsung di Playstore.

Semoga bermanfaat.

About these ads