FAQ – Pertanyaan Seputar Kuliah di Swedia dan Beasiswa Swedish Institute for Global Professional (SISGP/SISS) – Part 2

Lanjutan dari Part 1 ya!

Seleksi Beasiswa SI

Q: Untuk beasiswa SISS bisa untuk semua Univ di Swedia dan untuk semua kuliah S2 yang diminati ya?

A: Swedish Institute meng-cover beasiswa program master untuk universitas dan jurusan yang sudah ditetapkan. Untuk detilnya, silahkan download pdf daftar universitas dan programnya di website SI ya.

Q: Mau nanya kuota untuk SISS kan cuma sedikit ya kak nah sedangkan yang daftar kan banyak banget yaa.. jadi proses seleksi nya itu lebih di utamain di essay yang 250karakter atau dokumen ya kak? pasti kan yang daftar banyak banget kak sedangkan yang keterima cuma beberapa puluh orang aja.. gak seperti LPDP yang nerimanya banyak banget tapi proses seleksi nya panjang, sedangkan ini cuma 2 tahap kak.. yang membedakan apa ya kak? saya sampai berfikiran kalo SISS ini proses nya lebih ringan dari LPDP kak haha 

A: SISS (sekarang SISGP) merupakan beasiswa dari pemerintah Swedia. Mereka memberikan beasiswa kepada orang-orang yg mereka pilih. Mereka melakukan seleksi bukan hanya dari dokumen dan essay saja, tapi pengalaman pekerjaan, pengalaman leadership juga merupakan faktor yang dinilai. Mostly temen2 SI awardee disini biasanya org yg sudah punya pengalaman di dunia kerja minimal 2thn. Menurut saya cukup challenging utk seleksi SISS ini, krn dengan essay yang singkat kamu harus mempresentasikan diri kamu dengan sebaik-baiknya sesuai dengan apa yang kamu ingin capai. Ini bukan mudah tidaknya seleksi beasiswa menurut saya, karena saya sendiri belum mengikuti seleksi LPDP. Kalau menurut kamu lebih ringan SI, silahkan dicoba, dan semoga berhasil ya. 

Q: Untuk apply beasiswa SI ini sepertinya memang persyaratan dokumennya memang tidak banyak ya, tapi apakah mereka hanya menilai dari pengalaman kerja dan leadership experience saja, tanpa melihat misal seperti surat referensi dan motivation letter yang diperlukan untuk apply ke kampusnya sendiri? Atau karena sistemnya terintegrasi, apakah mereka masih melihat ini juga?

A: Proses seleksi beasiswa SI terpisah dengan seleksi dari University Admission. Hanya saja, yang tidak lolos universityadmission, otomatis seleksi beasiswa SI nya gugur. Untuk proses penilaian dari SI, ada motivation letter dan referenced letter sesuai dengan template yang disediakan oleh SI. Silahkan cek websitenya.

Q: Apa hal utama yang harus ditunjukkan/ditonjolkan agar bisa diterima beasiswa SI?

A: Alasan kamu melanjutkan S2, alasan kamu mengambil jurusan tersebut, tujuan hidup kamu, rencana jangka pendek dan jangka panjang kamu, dan apa yang akan kamu lakukan setelah melakukan S2 tersebut. Kemudian kontribusi apa yang akan kamu berikan kepada negara setelah sekolah. Menurut saya yang paling harus ditonjolkan adalah itu ya.

Q: Dari semua awardee beasiswa SI, apakah semuanya memiliki background yang berbeda? Baik dari sisi program master yang dituju, pengalaman kerja, organisasi, atau background yang lain.

A: Awardee SI di angkatan saya yang dari Indonesia ada yang kerjanya sbg Engineer telco, tapi S2 nya disini ambil Innovation Management. Kalau secara perbedaan background, antara awardee SI pasti berbeda2 backgroundnya. Sebetulnya inline atau tidaknya background dengan program master yang ingin diambil tergantung dari motivasi dan tujuan kamu untuk melanjutkan S2. Karena ini penting dan perlu kamu pertanggung jawabkan melalui essay baik di motivation letter universitas ataupun essay beasiswa SI. Alasan dan motivasi yang jelas akan tergambar dari essay yang berkualitas. 

Q: Saat mempersiapkan dokumen, essay/letters (termasuk yang 250 karakter), bisa kita konsultasikan ke siapa ya? Apakah kemarin Mas Ridwan juga ada yang mereview dokumennya (terutama essay)?

A: Saya kemarin tidak meminta review ke siapa2 untuk essay/letters baik yang karakter ataupun yang essay panjangnya. Tapi beberapa pengunjung blog ada yang meminta untuk mereview dan saya berkenan untuk mereviewnya. Jikalau memang nanti ingin meminta pandangan saya, silahkan dan saya sangat berkenan. 

Q: Ada contoh isian yang 250 karakter nggak Mas? Saya penasaran seperti apa menuangkannya kedalam 250 karakter..

A: Mohon maaf untuk ini, ada ketentuan dari SI di T&C scholarship kami. Kalau isian dan essay selama di proses seleksi tidak diperbolehkan untuk disebarluaskan ke yang lain. Jadi untuk menjaga integritas ini, saya tidak bisa memberikan dokumennya. 

Proof of Work dan Leadership Experience

Q: Halo mas Ridwan, saya ingin menanyakan untuk salah satu syarat mendaftar beasiswa SI adalah proof of work letter, kalau dari beberapa perusahaan sudah mencukupi 3000 jam, apakah wajib tetap melampirkan  leadership experience? Dalam suatu organisasi kalau kita jadi staffnya gak bisa di lampirkan ya mas? 

A: Leadership experience merupakan salah satu persyaratan dari SI sbg bukti bahwa kandidat yang akan dipilih memiliki kemampuan leadership yang baik. Jadi sudah seharusnya, kita sebagai applicant harus memenuhi persyaratan tersebut.  Sebetulnya bisa saja tidak melampirkan leadership experience, tapi perlu diingat kalau persaingan beasiswa SI ini dengan seluruh dunia, jadi sudah pasti mereka akan memilih yang terbaik dan sesuai dengan kualifikasi yang mereka inginkan. Kalau perihal staff di organisasi, bisa diexplore mungkin apa pernah jadi leader di suatu project di kerjaan tersebut, atau pernah menjadi leader di organisasi tsb, atau di organisasi di luar kantor atau di sekitar rumah yang bisa dibuktikan dengan letter. Coba di explore saya yakin pasti ada. 

Q: Saat ini saya sudah bekerja sekitar 5 tahun di perusahaan ini dan sudah lebih dari 3000 jam, apakah baiknya saya tetap melampirkan keterangan kerja sewaktu saya kuliah dulu (sewaktu kuliah saya menjadi assisten laboratorium selama 3 tahun)

A: Sebaiknya yang dilampirkan pekerjaan yg terkini saja karena sudah mencukupi 3000 jam nya dan sudah 5 tahun. Kalaupun mau mencantumkan pekerjaan selama di lab dulu tidak ada masalah, asalkan bisa mendapatkan tanda tangan dan cap organisasi tempat bekerja dulu. Karena setiap pengalaman harus dibuktikan dengan ttd dan cap sesuai dengan ketentuan dari SI.

Q: Untuk bagian leadership saya ada 3 posisi sebagai ketuanya,untuk 1 organisasi sudah pasti saya masukan, 1 lagi saya masih ragu (ketua paduan suara selama kuliah selama 1 tahun) dan 1 lagi ketua agent of changes (campaign company culture to all employee) di kantor saya tapi baru dilantik di bulan agustus kemarin. menurut mas saya masukin yang mana ya?

A: Untuk leaderships experience juga sama, asalkan bisa dibuktikan dengan cap organisasi dan tanda tangan, silahkan dimasukkan saja. Yang penting bisa menyampaikan apa saja yang dilakukan selama leadership experience tersebut. Terkadang yang sulit mendapatkan cap dan organisasi tersebut, karena waktu yang cukup mepet apalagi kalau organisasi atau perusahaan sebelumnya berbeda kota. 

Q: Saya sudah download form yang untuk leadership experience. Disini tuh kita harus proof sesuatu yang “leader” literally menjadi lead ya? sebenernya sy belum pernah jadi ketua besar nya gt, hanya sering jd misal ketua acaranya (ini untuk kalau berkecimpung di organisasi/volunteering), bisa ga si mas? kalau di tempat kerja seperti nya nge lead project ya? kalau ini kebetulan sering. ada saran ga mas? yang organisasi gimana?

A: Untuk leadership experience, tidak harus proof sesuatu yang literally “leader”. Ketua acara yang seperti kamu bilang, baik di organisasi atau di volunteering sangat bisa dan relevan, asalkan disampaikan, goal, content dan impact dari yang kamu pimpin. Di tempat kerja juga boleh, apalagi kalau nge lead project.
Saya kemarin leadership experience nya dari pengalaman lead project di kantor saya. Dan kebetulan juga saya menjadi salah satu leader dan penanggung jawab untuk suatu bidang yang spesifik di kantor saya. Jadi yang saya tulis di leadership experience merupakan hal tersebut.

Q: Bgni kak, kak Ridwan masih simpan/punya format Proof of Work and Leadership dr SISS ga kak? Pengen liat formnya kyk gmna.. Kalo tmpt kerja sblmnya cukup jauh, lumayan juga berarti ya kak harus minta ttd dan cap lg..

A: Format Proof of Work dan Leadership akan dipublish setiap tahunnya di sekitar bulan Desember di website SI. Jadi pastikan download dari websitenya SI.
Betul, memang harus minta ttd dan cap karena memang ketentuannya seperti itu. Atau kalau mau simpel bisa pake pos. 

Q: Dulu saya waktu DIII pernah menjadi salah satu leader dalam suatu organisasi, untuk stampel dan tandatangan yg dibutuhkan dari ketua jurusan atau dari ketua organisasi yg sekarang ya mas, kalau dari pengalaman mas dlu gmn?

A: Perihal organisasi, yang dibutuhkan yaitu kepala organisasi dan cap organisasi tersebut. Semisal organisasi tersebut merupakan dari kampus, saya pikir tidak ada salahnya menggunakan cap dari kampus karena merupakan resmi organisasi dari kampus tersebut. Leadership experience saya di kantor saya tempat bekerja, jadi reference saya dan cap dari tempat kantor saya bekerja. 

Q: Saya mau tanya, kalau misalnya proof work nya bahasa indonesia diterjemahkan ke bahasa inggris (untuk di admission) apa memungkinkan kira2 ya mas? 

A: Untuk admission, sebisa mungkin reference letter utk proof of worknya menggunakan bahasa inggris yang dikeluarkan dari kantornya. Karena saya ketika apply admission di jurusan kampus tidak diminta proof of work, jadi saya tidak punya spesifik dokumen tersebut untuk di universityadmission, hanya saja work experience saya tuliskan di CV.

Beasiswa selain dari Swedish Institute

Q: Selain beasiswa SI, saya juga mendaftar beasiswa internal di University of Gothenburg dan Karlstad University, menurut kakak, apakah banyak yg bisa lolos beasiswa internal seperti itu? 

A: Di KTH, saat ini orang Indonesia ada yang sedang menjalani beasiswa internal dari kampus. Biasanya, beasiswa internal dari kampus hanya mengcover tuition fee saja, sementara biaya hidup ditanggung sendiri. Chance pasti ada, tenang aja! Asalkan requirement dipenuhi semua applicant mempunyai chance yang sama. Saya pun kemarin sebelum mendapat beasiswa SI juga mendapat beasiswa internal dari Stockholm University untuk tuition fee. Tapi karena akhirnya mendapat beasiswa SI, saya prefer mengambil SI. Yang perlu dipersiapkan kalau dapet beasiswa yang hanya tuition fee yaitu living cost, karena biaya hidup disini sangat tinggi. 

Q: Di https://studyinsweden.se/scholarships/ disebutkan beberapa jenis beasiswa lain selain beasiswa SI, apakah kita diperbolehkan mendaftar lebih dari satu program beasiswa disini?

A: Sangat boleh. Kelebihan dari beasiswa SI adalah proses pendaftaran kampus dan beasiswanya berbarengan. Jadi kalau kita diterima di kampus, kita juga akan bisa diterima beasiswa SI. Sebaliknya, kalau kita tidak diterima di kampus maka otomatis seleksi beasiswa SI kita akan gugur. 

1 thought on “FAQ – Pertanyaan Seputar Kuliah di Swedia dan Beasiswa Swedish Institute for Global Professional (SISGP/SISS) – Part 2

  1. Pingback: FAQ – Pertanyaan Seputar Kuliah di Swedia dan Beasiswa Swedish Institute for Global Professional (SISGP/SISS) – Part 3 | Ridwansyah Corner

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.