FAQ – Pertanyaan Seputar Kuliah di Swedia dan Beasiswa Swedish Institute for Global Professional (SISGP/SISS) – Part 3

Lanjutan dari Part 1 dan Part 2 ya! Halaman FAQ ini akan selalu saya update ketika ada pertanyaan dan jawaban yang bisa dishare untuk teman-teman semuanya.

Biaya Hidup dari Beasiswa SI

Q: Untuk besar bantuan biaya hidup ini apakah cukup untuk hidup di sana atau tidak?

A: Allowance biaya hidup pastinya cukup, karena tidak mungkin mereka memberikan beasiswa kepada awardee jika tidak mencukupi. Banyak mahasiswa disini yang hidup membawa istri dan ada juga yang membawa anaknya. Tapi at the end, it depends on your lifestyle too. Kalau single, sangat lebih dari cukup 🙂

Q: Disana memungkinkan ga si bawa keluarga? ada ga ya scholar yang bawa anak/sitri/suami nya ikut? perbulan itu dapat berapa untuk living cost dll nya

A: Untuk membawa keluarga disini, sangat memungkinkan asalkan mendapatkan housing yang memadai. Karena tantangan terberat disini adalah housing terutama di kota-kota besar seperti Stockholm, Gothenburg ataupun lainnya. Istri saya menyusul saya kesini setelah mendapatkan housing yang bisa untuk keluarga. Karena saya di Stockholm, betul-betul sulit untuk mendapatkan housing disini. Dari 10 scholar SI thn 2017, sepertinya hanya saya yang membawa keluarga. Mulai tahun 2019 allowance living cost mendapat 10.000 SEK dari SI dan itu cukup utk berkeluarga dengan catatan makan dirumah dan tidak sering jajan diluar :D. Karena biaya hidup disini betul2 ditentukan dari housing dan biaya jajan diluarnya. 

Tentang Visa

Q: Jika diterima di universitas di Swedia dengan beasiswa SI, apakah kita perlu mengurus visa sendiri? Jika berkenan apa boleh saya dapat gambaran tentang kelengkapan lain yg harus disiapkan untuk kegiatan studi di Swedia?

A: Seluruh mahasiswa yang akan belajar ke luar negeri pasti mengurus visanya sendiri. Tapi as always cukup online prosesnya, ambil sidik jari dan selesai, mudah dan tidak rumit.

Q: Hal yang saya ingin tanya adalah ketika amin saya keterima beasiswa SISS dan harus apply visa student sebelum berangkat apakah saya harus memiliki sejumlah uang di tabungan agar visa student saya di approve? 

A: Kalau kamu mendapatkan beasiswa SI, maka akan ada guarantee letter dari SI bahwa mereka yang akan menanggung seluruh biaya selama masa studi. Jadi saat pembuatan visa, khusus utk awardee SI, digratiskan biaya pembuatan visa (normalnya skitar 900 SEK) dan tidak perlu membuktikan sejumlah uang di bank, karena sudah ada surat guarantee.
Tapi kalau kamu mau bawa pasangan dan/atau anak, tentu harus menunjukkan saldo bank saat membuat visa untuk mereka. 

Mempersiapkan Bahasa Swedish perlukah?

Q: Apakah disarankan untuk belajar bahasa lokal setempat selain Bahasa Inggris jika ingin melanjutkan studi di Swedia? Jika iya, apa ada rekomendasi tertentu dari Mas Ridwan? Apakah perkuliahan di Swedia umumnya menggunakan Bahasa Inggris?

A: Swedia merupakan salah satu negara yang mayoritas penduduknya 90 persen native bahasa Inggris. Apalagi kalau di kota besar, most of Swedes (sebutan untuk orang Swedia) itu sangat lancar berbahasa Inggris. Ga percaya? Swedes merupakan urutan ketiga dalam penggunaan bahasa Inggris. Cek link. Tidak ada tuntutan untuk bisa bahasa Swedia sebelum studi disini. Dan mostly course yang ditawarkan untuk mahasiswa internasional semuanya berbahasa Inggris. Berbeda dengan Jerman yang saklek dengan bahasanya, disini bahasa Inggris menjadi bahasa native ke 2 yang semua orang bisa. Kalau sudah disini, silahkan belajar bahasa Swedia, karena gratis!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.