Cara Ampuh Mengobati Mata Ikan

Beberapa hari yang lalu telapak kaki kanan saya ketika berjalan terasa sakit seperti ada yang ngeganjal seperti kena tusuk jarum. Akibatnya ketika berjalan jadi agak sedikit pincang untuk menahan beban tubuh menggunakan kaki sebelah kiri. Tiga hari sebelumnya memang, telapak kaki dibawah jempol itu saya kopek-kopek karena ada lebihan kulit yang bikin tangan gatel untuk mengopek. Tapi memang agak hardcore juga kopeknya, sampe pake gunting kuku segala. Mungkin karena luka, jadi infeksi kali ya. 

Mata Ikan

Di rumah setelah merasakan sakit tersebut saya langsung googling dan menyadari bahwa sakit yang ditelapak kaki kanan ini adalah berupa mata ikan. Dalam pikir saya mata ikan itu penyakit yang menyeramkan dan butuh operasi. Setelah ngobrol sama teman, googling dan bertanya kepada kerabat yang kebetulan dokter, ternyata banyak cara untuk mengobati mata ikan ini.

Mata ikan dalam istilah medis disebut juga dengan Clavus / Plantar Wart. Biasanya disebabkan oleh penebalan dinding keratin pada kulit. Ada juga yang mengatakan bahwa biasanya mata ikan timbul karena kaki yang lembab, berada pada lingkungan kotor yang tidak dibersihkan. Mata ikan ini sebetulnya mirip seperti kapalan, cuma kapalan isinya air, kalau mata ikan bentuk penebalan dinding kulit yang berbentuk seperti mata.

Kemudian mata ikan ini saya biarkan dengan cara menjaganya untuk tidak kena dari air, dan menjaga tetap steril dengan menggunakan betadine. Tapi setelah 1 hari berselang, bukan makin kempis mata ikannya malahan makin besar dan ada seperti nanah kuning dibawah kulit. Rasanya makin sakit dan sangat tidak nyaman.

mata ikan nanah

Dari hasil googling cara mengobati mata ikan ini bisa berbagai cara :

  • Menggunakan bawang putih yang ditumbuk kemudian dioleskan di mata ikannya.
  • Menggunakan cairan Callusol yang dioleskan ke mata ikan
  • Menggunakan kapur sirih dengan campuran sabun colek
  • Menggunakan Plester Cina

Saya coba menggunakan bawang putih yang ditumbuk kemudian dibalut dengan kapas dan ditutup. Kemudian hindari dari air. Akan tetapi ternyata setelah digunakan selama kurang lebih 20jam, tidak ada efek yang berarti.

Plester CinaKeesokan harinya saya langsung membeli Plester Cina untuk mengobati mata ikan karena menurut review orang-orang dan kakak saya, Plester Cina ini yang paling ampuh untuk mengobati mata ikan. Nah kenapa namanya Plester Cina ga ada merk ataupun label tertentu?? Mungkin karena tulisan di kotaknya itu semuanya tulisan Cina dan ga ada yang paham artinya. Jadi disebutlah plester cina. Plester Cina ini dijual di toko herbal Cina biasanya dengan harga di bawah 10ribu, sangat terjangkau. Di tokopedia pun juga tersedia. Dalam kotak plester cina ini ada 6 buah plester yang ditengahnya ada obat berwarna merah. Obat yang berwarna merah ini yang sangat kuat efeknya.

Nah cara penggunaannya seperti ini agar mata ikan kita bisa sembuh berdasarkan pengalaman saya :

  1. Bersihkan kaki, cuci dengan sabun sampai bersih dan keringkan. Pastikan pada bagian mata ikan dan sekitarnya sudah bersih. Lap dan keringkan sampai benar-benar kering.
  2. Tempelkan Plester Cina dengan posisi obat merah yang ditengah, tepat di bagian bulatan mata ikan. Kalau saya menambahkan hansaplast anti air untuk melindunginya dari air.
  3. Biarkan plester cina menempel dan pastikan hindari kena air untuk sementara pada bagian tersebut. Pakai plester Cina tersebut sampai 24 jam. Plester cina ini akan melembutkan dan mematikan sel-sel yang ada pada dinding kulit kita.
  4. Baru 12 jam memakai plester cina ini, pada bagian mata ikan tersebut rasa ngilu dan sakit menghilang. Sampai pada jam ke 16 rasa sakit betul-betul hilang. Mungkin pikir saya obat ini telah bekerja.
  5. Plester cina akan mematikan dinding sel kulit. Kulit disekitar mata ikan akan berwarna putih dan akan berasa seperti mati rasa.
  6. Buka plester dan bersihkan dari kotoran dengan tissue. Mata ikan akan berwarna merah pekat karena efek obat tersebut.
  7. Nah setelahnya saya menggunakan campuran kapur sirih dengan sabun colek (bisa merk apapun) dengan campuran 1:1 menggunakan air dengan kekentalan yang baik (jangan terlalu encer). Campuran kapur sirih dan sabun colek ini bisa menjadi cairan keras yang bisa mengupas kulit kita.
  8. Oleskan campuran kapur sirih sabun colek tadi ke mata ikan dan biarkan beberapa menit sampai mengering.
  9. Tidak lama kulit di mata ikan tersebut akan terkelupas dan untuk sebagian orang campuran kapur sirih dan sabun colek ini bisa langsung mengeluarkan hitam-hitam inti dari mata ikannya.
  10. Nah siapkan gunting kuku yang sudah steril dan bersih. Coba perlahan-lahan untuk menyentuh ujung mata ikan. Biasanya rasanya tidak sakit, karena lingkaran mata ikan sudah mati rasa. Dicuil dan coba dicongkel jika bisa, tapi pastikan tidak terasa sakit.
  11. Bersihkan cairan, nanah yang ada dan jika sudah bersih maka kita akan melihat daging kita sendiri. Tenang ssaja tidak akan ada luka yang mengalir.
  12. Kulit-kulit putih disekitar mata ikan digunting, dibersihkan sampai seperti ada lobang di kaki kita seperti kapalan yang sudah pecah.
  13. Setelah bersih dan yakin sudah tidak ada mata ikannya, keringkan dan olesi pakai minyak tawon. Saya menggunakan minyak tawon karena berdasar pengalaman, kering kulitnya lebih cepat dari betadine.
  14. Tutup pakai kapas atau hansaplast anti air. Dengan kondisi tersebut, coba berjalan seperti biasa pada 1 hari setelahnya.

Langkah-langkah diatas saya tulis berdasarkan pengalaman dan alhamdulillah saat ini mata ikan tersebut sudah tidak ada dan kulitnya sudah mulai menutup. Kebersihan kaki kita tetap harus dijaga, karena berdasarkan pengalaman dari orang-orang, bahwa mata ikan rentan sekali muncul kembali.

Semoga bermanfaat dan mari kita jaga kebersihan kaki kita..

Advertisements

One thought on “Cara Ampuh Mengobati Mata Ikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s