Beli dan Pesan Tiket Kereta Api secara Online

Beli tiket kereta api sudah bisa online seperti booking tiket pesawat! Apa mungkin saya yang telat dengan ‘update‘an dari dunia per kereta api-an di Indonesia, tapi yang jelas sekarang kalau kita mau beli tiket kereta api ke luar daerah dari daerah lain sudah bisa secara online dan sungguh instan.

kai

KAI homepage

Hebat! Ya, karena terakhir saya naik kereta dengan pembelian tiket sendiri itu pada tahun 2009 tujuan Yogyakarta kelas Ekonomi. Berangkat dari stasiun Tanah Abang dan sampai di Jogja di Stasiun Lempuyangan. Ketika itu pembelian tiketnya masih secara langsung di stasiun Tanah Abang (walaupun pembelian tiket secara langsung di loket stasiun sekarang pun masih bisa dan dilayani). Nah tentu sebenarnya sistem pembelian tiket secara online ini tujuannya adalah mengurangi calo dan saya yakin ujungnya adalah untuk memberantas para calo tersebut.

Saya baru saja selesai memesan tiket kereta api secara online, dan cukup terkejut juga karena proses yang begitu cepat dan tidak bertele-tele, terlebih lagi kita bisa memilih tempat duduk sendiri. Kalau beli tiket pesawat biasanya jika kita memilih seat / kursi akan dikenakan charge / biaya. Tapi kalau pembelian tiket kereta api ini tidak. Sistem reservasi tiket online pun juga sudah sangat baik. Setelah konfirmasi pemesanan tiket, kita akan dikirimkan email dari sistem berisi detail pemesanan. Untuk pembayaran tiketnya dapat dilakukan melalu kartu kredit, internet banking, klikpay, dan yang pastinya melalu ATM. Tadi saya melakukan pembayaran melalui ATM, setelah melakukan pembayaran saya langsung cek kode booking di website Kereta Api Indonesia dan status pembayaran langsung berubah menjadi ‘Sudah Bayar’. Oke berarti, sistemnya sudah terintegrasi. Top!

Nah dari sisi kinerja website pun, proses reservasi ini termasuk cepat dibandingkan dengan website maskapai penerbangan ketika melakukan reservasi secara online. Mungkin karena volume orang-orang yang membeli tiket kereta api masih jauh dibawah pembelian tiket pesawat sehingga response time website KAI tergolong cepat.

Semoga ke depan PT. KAI bisa lebih baik lagi. Tut tuuuutt.. Enjess, enjesss..

Advertisements

3 thoughts on “Beli dan Pesan Tiket Kereta Api secara Online

    1. Ridwansyah Post author

       “Untuk anak- anak kurang dari 3 tahun dikenakan tarif 10% dari harga tiket dewasa. Sementara untuk anak usia 3 tahun ke atas dikenakan tari sama dengan harga tiket dewasa dan mendapatkan fasilitas tempat duduk,”

      Sumbernya dari sini bunda.  http://m.detik.com/finance/read/2012/11/22/101345/2097881/4/

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s