TV Kabel Firstmedia Patah dan Putus-Putus

Uda hampir 3 minggu belakangan ini, setiap weekend (sabtu-minggu) dan malam hari di weekdays, siaran TV kabel Firstmedia selalu patah dan putus-putus. Nah masi mending kalo patah dan putus-putusnya ini cuma sebentar, cuma beberapa channel dan masi bisa ditonton gambarnya.

First-Media

Lhaa ini uda patah-patah, suara ga kedengeran, ditambah lagi semua channel seperti ini. Saya coba lepas pasang kabel decoder, restart decoder, lepas pasang kartu decoder, tapi hasilnya nihil. Terkadang semua TV yang patah-patah, terkadang hanya 1 TV yang patah-patah. Bener-bener intermittent. Tapi kalo siaran TV sedang patah dan putus-putus koneksi internet berjalan dengan baik dan tidak ada masalah.

Beberapa kali telpon ke CS nya Firstmedia di 021-2559-6000 semenjak 2 minggu lalu tapi CS selalu sibuk, terutama di bagian gangguan tv kabel. Nah tips nih buat yang mau komplain telpon ke CS tapi selalu sibuk. Jangan pernah spefisifik-kan ke bagian mana kita mau komplain. Karena kalau kita mau komplain bagian TV kabel disuruh pencet angka 1, tapi kalo permasalahan internet pencet angka 2. Kalo uda disuru milih ini, langsung aja pencet angka 0 biar langsung bicara sama CS yang umum! Kalo kita pencet angka 1 ato angka 2 niscaya kalo lagi hoki dan beruntung aja bisa ngobrol ama CSnya.

Secara pelanggan yang komplain masalah teknis internet ato TV kabel itu berapa banyaknya jika dibandingkan dengan jumlah CS yang melayani dalam satu waktu? Toh CS ‘umum’ di angka 0 itu juga merespon dan menanggapi hal yang sama permasalahan kita, baik TV kabel maupun internet atau cuma sekedar curhat galau.

Berhasil menghubungi CS dan saya komplain mengenai siaran TV patah dan putus-putus secara intermittent di weekend dan malam hari. Kemudian CS langsung menjadwalkan untuk kedatangan teknisi lusa harinya. Nah yang aneh ketika teknisi datang,, siaran TV lancar ga ada putus-putusnya. Kemudian teknisi mengecek signal di decoder dan kabel-kabel. Hasil observasi teknisi tidak ada masalah decoder dan kabel karena semua signal bagus dan decoder masih berfungsi baik.

Tipe decoder yang digunakan

Tipe decoder yang digunakan

Malam harinya ternyata timbul lagi patah dan putus-putus. Kali ini saya biarkan satu minggu dan saya lihat polanya sebelum menghubungi CS kembali. Ternyata masih sama, hampir setiap malam hari dan weekend selalu putus-putus. Setelah satu minggu saya telpon kembali CS dan ketika ditelpon CS menanyakan signal Strength dan Quality di decoder.

Strength menunjukkan kekuatan signal yang masuk ke decoder melalui kabel. Menurut CS batas minimum agar siaran baik persentase strengthnya harus >=30%. Ketika itu strength yang tampil adalah 45%. Kalo qualitynya 100%, jadi tidak ada masalah. Kembali teknisi menjadwalkan kedatangan teknisi lusa hari. Saya meminta teknisi datang saat weekend dengan harapan ketika teknisi datang, siarannya patah-patah agar teknisi bisa troubleshoot secara langsung.

Entah ini permasalahan ada dimana, tapi ketika teknisi datang di lusa harinya siaran TV malah bagus ga ada patah dan putus-putusnya. Teknisi kembali mengecek signal meter dan signal pun tidak ada masalah. Cuma sekitar 10 menit, teknisi akhirnya pamit karena bingung harus men-troubleshoot apa. Teknisi hanya bilang kalo rumah saya itu kebagian di cabang paling akhir (port kabel Firstmedia yang di tiang listrik) sehingga sinyal yang didapat bisa jadi lemah. Ini harus di konfig bagian teknisi outdoor karena menurutnya mereka adalah teknisi indoor. Hmm alasan yang tidak masuk akal menurut saya.

Malamnya TV kembali patah dan putus-putus. Karena pasrah dan bingung apalagi yang bisa ditroubleshoot, saya ingat kalo kabel HDMI belom pernah saya lepas pasang. Saya coba lepas beberapa saat kabel HDMI dan kembali pasang. Dan ternyata siarannya lancar ga ada putus-putus maupun patah-patah! Alhamdulillah, berarti kesimpulannya permasalahan ada di kabel HDMI. Besok malamnya saya lagi nonton tiba-tiba patah lagi siarannya. Wedew..

Malam ini saya uda stok kabel HDMI baru. Saya ganti kabel bawaan HDMI dari Firstmedia dengan kabel HDMI cadangan saya dan siaran kembali normal dan lancar. Mudah-mudahan ga muncul lagi patah dan putus-putusnya sampe seterusnya

Nah ini rangkuman tips-tips kalo TV kabel Firstmedia lagi patah dan putus-putus. Coba perhatikan beberapa hal ini sebelum memutuskan untuk menelpon ke CS :

  • Ketika TV kabel sedang patah atau putus-putus coba cek kualitas internet. Jika kualitas internet bermasalah bisa jadi ada permasalahan di kabel atau signal dari pusat
  • Cek signal meter di decoder. Pencet Menu, pilih Diagnostic dan pilih Signal Meter. Strength yang baik >=30%. Kalo quality harus diatas 90% dan keduanya dikatakan baik jika indikator berwarna hijau
  • Coba restart decoder beberapa saat, lepas pasang kabel coaxial dan lepas pasang kabel HDMI. Kalo ada kabel HDMI cadangan bisa dicoba menggunakan kabel HDMI cadangan tersebut
  • Coba tuker decoder dengan decoder TV lain jika anda menggunakan decoder lebih dari satu. Lihat apakah decodernya yang bermasalah atau tidak. Kalau memang decoder yang bermasalah kita bisa langsung minta tuker decoder ke CS
  • Kalo semua cara diatas masih ga bisa juga, sudah saatnya untuk menelpon CS untuk kompain

Semoga tips troubleshoot ini bisa bermanfaat buat yang mengalami hal serupa.

Advertisements

11 thoughts on “TV Kabel Firstmedia Patah dan Putus-Putus

  1. fm go

    masalah sig on off itu membuat gambar di tv pecah-pecah sprti dvd rusak … itu karna cabel port yg terlalu jauh batas normal 50m ,, jadi wajar bila sinyal lmah bnar apa kata teknisi nya bahwa itu yg bisa mmbnarkan tc outdor … smpai skrng blom ada solusinya dari fm

    Reply
    1. Ridwansyah Post author

      Berarti kurang beruntung untuk customer yg kebagian di Site paling ujung karena jarak dari pusat signal lbh dri 50m. Beruntung sampai saat ini masalah ini sudah tidak muncul lagi. Mungkin ini juga bisa dijadikan sebagai masukan untuk pihak FM.

      Reply
  2. Ade

    Ane pernah kaya ente gan. jadi waktu patah2 ane record pake hape ane tv dan decoder. Jadi waktu ada teknisi dateng. Dan ternyata normal ane liatin hasil rekaman di hape ane ke teknisi. Dan bener. Kepala kabel yg sambung ke decoder itu lsg diganti krn diliat ada yg hangus.

    Reply
    1. Ridwansyah Post author

      betul banget. Saya lupa kemarin untuk ngerekam ketika lagi patah-patah. Wajib buat ngerekam ya, karena ini intermitten problem jadi ada bukti ketika teknisi datang. Trima kasih masukannya

      Reply
      1. Iyan

        Coba Gan belikan line amfli buat permasalahan kabel yg panjang..mudah2an membantu menghilangkan gambar yg ngefreeze ( patah2)..
        Salam teknisi Parabola#

        Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s