Nikmatnya Teh Tarik

Teh Tarik merupakan minuman yang berasal dari tanah melayu khususnya selat Melaka daerah Malaysia, Singapura, Aceh dan sekitarnya. Kalo di Jakarta, minuman teh tarik ini bisa kita temui di restoran Melayu yang biasanya menyajikan masakan khas Aceh.

Berbicara soal rasa, bagi saya teh ini sungguh nikmat diminum. Mungkin pada dasarnya suka segala sesuatu yang manis jadi rasa teh ini cocok banget di lidah. Untuk beberapa orang mungkin tidak terlalu menyukai teh ini karena manisnya yang ‘agak’ berlebihan. Tapi justru menurut saya, nikmatnya teh tarik ada di manis dan aroma tehnya. Komposisinya terdiri dari teh, susu kental dan gula. Rasanya yang manis, aroma yang khas dan warnanya yang butek membuat teh tarik ini ngga ada duanya!  Keunikan cara membuat minuman ini yang menjadikan teh ini namanya ‘Tarik’ karena dibuat dengan cara di tarik-tarik ato dilempar-lempar.

Beberapa teh tarik nikmat yang terkenang di lidah saya antara lain :

  • Mr Teh Tarik
Es Teh Tarik Milo Dinasour

Es Teh Tarik Milo Dinasour

Kalo biasanya Teh Tarik nikmatnya dihidangkan dalam keadaan hangat / panas, Teh Tarik yang satu ini justru nikmat diminum dalam keadaan dingin karena sudah merupakan kombinasi dengan bahan lain. Salah satu favorit saya adalah Es Teh Tarik Milo Dinosaur, yaitu teh tarik yang disajikan dengan Milo bubuk dan disajikan dalam keadaan dingin. Salah satunya bisa kita temuin di kedai 24 jam Mr Teh Tarik di kawasan Joo Chiat, Singapura. Rasanya luar biasa nendang, pas banget buat nemenin makan siang ato sekedar minum-minum ringan di malam hari. Rasa teh tariknya sendiri yang lazis, aroma tehnya yang khas dan campuran milonya yang Dinasour (banyak-ga-pelit) bikin minuman ini nagih. Kalo lagi main ke daerah sini jangan lupa mampir karena kedai ini buka 24 jam dan disekitarnya juga banyak makanan terutama makanan halal Melayu dan India. Kemarin iseng2 coba bikin sendiri teh tarik milo dinasour ini pake teh tarik bubuk di supermarket plus milo bubuk. Tapi rasanya ga pernah enak seperti yang satu ini. Bintang 5 untuk teh tarik yang satu ini!

  • Teh Tarik ‘Pinggiran’

Teh Tarik - PenangBiasanya yang jual teh tarik atau makanan melayu di negara tetangga itu pasti keturunan India. Kalo di Malaysia semua minuman teh kalo kita makan di rumah makan ato restoran pasti adalah teh tarik. Jadi ibaratnya kalo pesen teh manis ya pasti yang akan di kasih adalah teh tarik. Salah satu teh tarik kategori sederhana, murah dan nikmat ini ada di kawasan Little India, Penang.

Saya kasi nama teh tarik pinggiran, karena memang tempat makannya di pinggiran jalan, pas banget untuk sarapan pagi hari. Dipadukan sama roti canai rasanya luar biasa menggoda lidah. Saya menyukai teh tarik di tempat yang sederhana / pinggiran seperti ini sambil santai-santai dan ngobrol dengan orang-orang sekitar. Ketika si penjual lagi membuat tehnya sengaja coba saya dokumentasikan. Si abang India malah ketagihan di foto makin berulang-ulang deh dia tarik-menarik tehnya diantara 2 gelas tersebut

  • Teh Tarik Aceh Seulawah

Untuk versi hangatnya ini merupakan salah satu teh tarik favorit saya yang ada di dalam negeri! Tepatnya ada di Rumah Makan Aceh Seulawah, kawasan Bendungan Hilir (Benhil), Sudirman. Bener-bener ga ada duanya deh kalo teh tarik yang satu ini. Teh tariknya ditambahkan dengan kayu manis sehingga selain aroma tehnya yang kuat, ada aroma kayu manis yang bikin seruputan minum teh kita jadi tambah nikmat. Rasanya pun manis pas maknyus! Sayang foto teh tarik ini belum sempat terdokumentasikan, tapi penyajiannya tetap sederhana menggunakan gelas pendek bertungkai. Paling pas kalo lagi makan disini pesen Mie Goreng Aceh + 1 gelas Teh Tarik. Nyam nyam nyam..

Nah kalo ada info cara buat teh tarik yang nikmat seperti yang saya sebutin diatas, boleh yah di share disini..

Slluuurrppp..

Advertisements

5 thoughts on “Nikmatnya Teh Tarik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s