Kesempatan Ibadah Haji Undangan Kerajaan Saudi di Pameran Buku IIBF 2014

Sabtu sore hari kemarin tanggal 1 November, saya mengunjungi Gelora Bung Karno dengan niat dateng ke Pameran Indocomtech 2014 dan pameran motor IMOS 2014 (Indonesia Motorcycle Show) di Jakarta Convention Center, Senayan. Kami parkir di area Tenis Indoor Senayan dan tidak sengaja melihat spanduk event IIBF (Indonesia International Book Fair) 2014 dengan tema Saudi Arabia : The Focused Country.

IIBF

Kami sampai di parkiran area Tenis Indoor Senayan sekitar pukul 5 sore. Keluar dari mobil kami melihat ada logo dan bendera Kerajaan Saudi Arabia. Orang-orang bersorban khas Timur Tengah mondar mandir di sekitar pintu masuk Indoor Senayan menggoda saya untuk melirik dan masuk ke dalam. Yang namanya pameran buku, dan event seperti ini pasti tidak ada tiket masuk ataupun biaya yang harus dikeluarkan untuk menghadiri event. Berbeda dengan pameran-pameran elektronic dan kendaraan di JCC sebelah sana. 

Pertama kali masuk kita akan merasakan suasana Arab Saudi yang kental dengan warna hijau yang sangat saya sukai! Ada maket Masjidil Haram yang sekarang sedang dalam tahap pembangunan, banyak buku-buku tentang sejarah dan peradaban Kerajaan Saudi serta ada panggung yang memiliki lighting yang sangat unik. Kala itu di panggung sedang berdiri sekitar 3 orang Arab bersorban yang sedang memegang kotak undian seperti akuarium kaca bulat mas koki berisi kertas banyak sekali. Semua pandangan orang tertuju ke depan dan saya menanyakan kepada orang-orang di sekitar sedang ada event apa di depan sana.

Ternyata sedang berlangsung undian berhadiah. Saya pikir ini undian biasa yang hadiahnya suvenir, buku, ataupun lainnya. Tapi ternyata undian ini adalah undian utama yang hadiahnya adalah Undangan Ibadah Haji dari Kerajaan Arab Saudi GRATIS untuk 1 orang. Hadiahnya tidak dapat diuangkan atau dipindah tangankan. Masya Allah!! Dalam 5 menit undian akan dilakukan, tapi masih ada kesempatan untuk saya mengumpulkan kertas jawaban.

Mekanismenya, kita cukup mengambil kertas pertanyaan yang disediakan panitia. Kemudian mengisi identitas diri dan menjawab pertanyaan pilihan berganda 2 buah. Yang uniknya, di pertanyaan tersebut sudah ada tulisan jawabannya!! Jadi kita tinggal lingkari saja sesuai dengan jawaban yang ditulis, kemudian kasih ke panitia. Mudah banget kan ya? Jalan untuk bisa ikut kesempatan ibadah Haji semudah ini, kapan lagi??? Sementara untuk berhaji kita harus mengantri dan menabung sampai puluhan tahun untuk mendapatkan giliran. Nah setelah kita kasih panitia, selebihnya kita tinggal shalawat sambil berdoa, semoga nama kita yang keluar.. Ya Allah, lemes rasanya..

Pertanyaan di kertas kemarin yaitu mengenai siapa Raja Arab Saudi saat ini (King Abdullah bin Abdul Aziz) dan pada masa apa Masjidil Haram dilakukan perluasan secara besar-besaran. Setelah kita isi dengan benar, kita serahkan kertas ke panitia di depan dan dimasukkan kotak undian. Undian akan dikocok / dirandom pada pukul 17.30. Setelah dirandom akan diambil satu kertas yang berarti satu orang tersebut yang berhak mendapatkan Undangan Allah untuk berhaji ke Tanah Suci. Undangan dari Allah untuk datang ke Baitullah melalui undangan dari Kerajaan Arab Saudi.

Fabiayyi’ alaa irobbikuma tukadziban. “Maka nikmat Tuhanmu yang manakah yang engkau dustakan” (Ar-Rahman)

Tidak lama keluar satu nama yang mendapatkan undangan luar biasa ini yaitu Bapak Hidayatullah. Berumur sekitar 30 tahunan, menggunakan baju Mizan. Ya Allah, hadiah ini tidak main-main. Memang orang-orang ini sudah engkau pilih untuk datang ke rumahMu. Ternyata undian haji ini dilaksanakan setiap hari selama event IIBF berlangsung dari tanggal 1-9 November 2014 untuk hadiah satu orang. Dimulai dari jam 5 sore untuk pembagian kertas pertanyaan, dan jam 5.30 sore akan dimulai pengundian. Siapa tau satu dari kita yang membaca tulisan ini yang memang sudah Allah takdirkan mengunjungi Baitullah ke Mekkah bisa berangkat kesana..

Disamping undian utama tersebut, ada juga pembagian Mushaf / Al Quran, Kurma, Air zam-zam secara gratis dan cuma-cuma. Malam tadi Alhamdulillah saya bisa mendapatkan pembagian Mushaf, Sajadah, dan poster secara cuma-cuma. Semoga Mushaf dan Sajadah ini bisa menjadi pengingat diri untuk selalu menjaga Shalat, membaca dan mengamalkan Al Quran di kehidupan sehari-hari.

 

 

Event ini menyegarkan kembali semangat akan cinta ke-Timur Tengah-an dan semangat Emihad (Emirates dan Etihad) :p. Dan semoga bisa tercapai mimpi tinggal di Timur Tengah dalam waktu dekat ini. Doain ya!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s