Update Whatsapp 5 November, Status Pesan Sudah Dibaca Kini Bisa Diketahui

Whatsapp, salah satu aplikasi messaging paling terkenal dan paling banyak digunakan di muka bumi memberikan fitur baru per hari kemarin. Fitur baru tersebut adalah memberikan informasi kepada pengguna jika pesan kita yang dikirim sudah terbaca oleh penerima pesan. Selama ini Whatsapp hanya memiliki fitur status pesan terkirim dan last seen status.

Sebenarnya fitur Message Read sudah banyak dimiliki oleh Messenger apps lain. Sebut saja Line dan BBM. Untuk Line, pengguna hanya dapat mengetahui status pesan jika sudah terkirim ke server dan sudah dibaca. Apakah pesan tersebut sampai di pengguna atau tidak, pengirim pesan Line tidak mengetahuinya. Line hanya mengetahui jika pesan sudah dibaca dengan tanda Read di samping tulisan pesan.

BBM, messenger apps yang booming di tahun 2009 memiliki fitur untuk mengetahui pesan apakah sudah terkirim (Sent), diterima (Delivered) dan dibaca oleh penerima pesan (Read). Secara fitur status pesan, BBM lebih lengkap dari Line. Beberapa orang tidak menyukai BBM termasuk saya dengan alasan privasi.

Nah kini Whatsapp hadir dengan update baru dengan memberikan kelengkapan status pesan jauh diatas pesaingnya. Mulai dari pesan terkirim ke server (Sent), pesan terkirim (Delivered), dan pesan dibaca (Read). Ditambah lagi dengan pengguna dapat melihat jam berapa penerima pesan terakhir kali online. Untuk fitur last seen, Whatsapp memberi keleluasaan kepada pengguna untuk mematikan last seen status jika tidak ingin dilihat orang lain.

Status Pesan

Disadur dari Whatsapp FAQ, sekarang jika pesan sudah dibaca oleh pengguna, maka status pesan (icon centang di sebelah pesan) akan berubah warna menjadi warna biru. Selama ini jika kita mengirim pesan ke orang lain, status pesan hanya satu atau dua centang berwarna abu-abu. Satu centang berarti pesan telah terkirim ke server, dua centang berarti pesan sudah diterima oleh penerima pesan. Sekarang jika dua centang tersebut sudah berubah warna menjadi biru, artinya pesan sudah dibaca oleh penerima pesan. Selain itu juga, kita bisa melihat secara detail jam berapa pesan tersebut sampai, dan jam berapa pesan tersebut dibaca oleh penerima. Semakin tidak ada privasi bukan? Untuk beberapa orang penyuka privasi tentu update ini sangat tidak disukai. Tapi untuk beberapa orang fitur ini justru sangat membantu karena bisa mengetahui apakah pesan tersebut benar-benar sampai di penerima pesan.

Saya melakukan sedikit testing untuk fitur baru Whatsapp yang satu ini.

Di gambar pertama, pesan “Tes” saya kirim pada pukul 23:28. Ada balesan pesan pada pukul 23:46 dari penerima pesan. Jika saya ingin melihat pesan tersebut diterima dan dibaca jam berapa oleh penerima pesan, kita pencet dan tahan pesan “Tes” tersebut dan tekan icon Info di atas. Status jam berapa pesan dibaca dan jam berapa pesan sampai di penerima akan muncul dengan sangat detil.

Untuk pesan “Good”, status centang masih berwarna abu-abu berarti pesan hanya sampai di penerima dan belum dibaca. Jika dilihat detilnya, status Read memang belum ada detil waktunya.

Jika sedang berkirim pesan dengan Whatsapp setelah tanggal 5 November akan tetapi status centang pesan masih berawarna abu-abu, berarti versi Whatsapp antara pengirim pesan ataupun penerima pesan salah satunya ada yang belum diupdate ke versi terakhir. Atau bisa juga versi Whatsapp yang digunakan menggunakan versi custom, seperti Whatsapp+ yang belum support fitur ini.

Dari pandangan saya sendiri, fitur ini ada positif dan negatifnya. Positifnya kita dapat mengetahui status pesan kita apakah sudah dibaca atau belum, kapan dibacanya. Nah negatifnya adalah ketika sudah mengetahui status pesan kita sudah dibaca, dan dibacanya pun sudah lama, biasanya sering timbul pertanyaan “kok pesan kita ga dibaless???” Selentingan tapi terkadang sering terjadi ketika kita berkirim pesan.

Update yang sangat baik oleh Whatsapp, dan menurut kabar yang beredar akan ada major update lagi untuk Whatsapp yaitu mendukung VoIP seperti Viber, Line dan voice messaging lainnya. Cakep! Semoga berkirim pesan semakin mudah dengan semakin banyaknya messaging apps di plaftorm mobile.

Advertisements

7 thoughts on “Update Whatsapp 5 November, Status Pesan Sudah Dibaca Kini Bisa Diketahui

  1. Pingback: Selamat tinggal Whatsapp (PLUS).. | Ridwansyah Corner

  2. agung

    Maaf kalau oot, kalau pesan line yang dikirim sudah dibaca ada keterangannya “baca” disamping pesan yg dikirim. Nah saya pernah kirim pesan line katanya sudah dibaca pesannya namun gak ada keterangan “baca”. Pernah jg saya coba tes nyuruh teman saya kirim pesan line ke saya. Saya sudah baca pesannya tapi kata teman saya gak ada keterangan “baca”. Untuk yg buat tes, saya baca pesan line lewat notifikasi pesan line yang bentuknya kotak itu. Tanpa buka linenya. Apa itu pengaruh ya ?

    Reply
    1. Ridwansyah Post author

      benar mas. Kalau mas baca pesan melalui popup notification tanpa membuka aplikasi, status read tetap tidak ada. Status read akan muncul ketika kita sudah buka message dalam aplikasi LINE nya, bukan dari popup notification.

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s