Pengalaman Klaim Cacat Produk di Blibli.com, Cukup Memuaskan!

Akhir-akhir ini saya sedang sering banget melakukan belanja online baik itu charger HP, speaker ataupun hanya sekedar mouse komputer untuk beraktifitas. Biasanya saya membeli barang online dengan mengontak langsung penjual melalui Kaskus ataupun OLX (tokobagus). Tapi sekarang sedang menjamah pembelian online melalui Online Shop seperti Blibli, Lazada, Bhinneka, dan JakNot.

KRONOLOGI

Saya melakukan pembelian Microsoft Wireless Touch Mouse pada tanggal 31 Oktober dalam promo #KamisGANTENG di Blibli.com. Pesanan sampai Selasa malam, 4 November. Kondisi packing ketika saya terima normal, terbungkus dengan kertas koran blibli, plester dan plastik pembungkus. Saya baru membuka packing pengiriman pada hari Jumat, 3 hari setelahnya.

7 November

Saya buka kertas packing dan saya lihat mouse dari luar kotak. Pada awalnya saya lihat semuanya normal, tapi setelah saya lihat lebih detil, ada yang janggal. Yaitu bagian belakang mouse sudah dalam kondisi ‘nganga’, padahal saya lihat plester yang ada di kotak tersebut masih rapat dan tersegel.
Saya buka kotak tersebut dan saya intip bagian ‘nganga’ tersebut. Dan diluar dugaan, di dalam bagian belakang mouse tersebut ternyata ada 2 bagian yang patah. Awalnya saya pikir dengan kondisi mouse seperti ini masih bisa digunakan dengan normal. Saya pasang batere, saya colokkan ke laptop, dan eng ing enggg.. ternyata klik kanan nya bermasalah dengan kondisi mouse nungging seperti ini.
 Mouse Wireless Touch Mouse cacat

Seketika saya langsung menghubungi CS Blibli melalui LiveChat. Tersambung dengan CS dan saya ditanyakan mengenai informasi nomor serial, jenis barang dan diinstruksikan untuk mengirimkan fotonya ke email Customer Service Blibli. Saya kirimkan email berikut dengan gambar serta detil dari barangnya. Malamnya email langsung dibalas dengan informasi bahwa Blibli akan menghubungi pihak merchant dan akan menginfokan kembali jika sudah ada jawaban dari pihak merchant.

Saya melakukan sedikit googling dan ternyata permasalahan ini bukan saya saja yang mengalami. Ada customer yang membeli barang yang serupa dan mengalami hal yang serupa dengan saya di review produk Bhinneka. Bisa dilihat disini. Belom sempat digunakan tapi bagian dalam sudah patah entah kenapa. Sepertinya memang bagian dalamnya ini ringkih, entah patah karena pengiriman atau memang cacat produk.

11 November

Belum ada informasi email dari CS dan saya email kembali CS untuk menanyakan status pengembalian produk ini. 4 jam berikutnya email saya dibalas dan diinstruksikan untuk mengirimkan produk tersebut ke alamat yang dijelaskan.

12 November

Saya kirimkan mouse dengan keadaan lengkap seperti keadaan yang saya terima melalui JNE. Konfirmasi ke CS melalui email bahwa barang telah saya kirimkan dengan menginformasikan nomor resi agar bisa ditracking.

13 November

CS mengirimkan email bahwa akan menunggu produk yang saya kirimkan dan akan memprosesnya.

18 November

Karena setelah tanggal 13 tidak ada kabar apapun dari pihak Blibli, saya kembali menanyakan status pengembalian produk ini. Tidak ada balasan langsung dari CS pada hari itu

20 November

Akhirnya ada balasan dari CS yang menginformasikan bahwa produk pengganti telah dikirimkan pada 19 November berikut dengan no resi JNEnya. Saya juga ditelfon secara langsung oleh CS yang menginformasikan bahwa barang telah dikirimkan.

21 November

Produk pengganti saya terima pada sore hari ini dan saya buka packing dan cermati dengan baik dari luar kotak, ternyata tidak menganga lagi seperti produk yang saya terima sebelumnya. Mudah-mudahan mouse ini awet!
 Microsoft Wireless Touch Mouse pengganti

Overall untuk penanganan Customer Service dari Blibli.com saya cukup puas. Tidak bertele-tele dan CS membantu untuk menyelesaikan masalah saya. Karena ini adalah masalah pelayanan pelanggan yang bukan cuma kita pelanggannya, kita juga harus turut aktif menanyakan kepada CSnya tentang status dari permasalahan kita. Karena CS melayani ratusan bahkan sampai ribuan pelanggan yang memiliki masalah yang berbeda-beda. Asalkan kronologi, detil barang, dan semuanya sesuai saya yakin insya Allah CS pun akan membantu menyelesaikan masalah kita.

Advertisements

8 thoughts on “Pengalaman Klaim Cacat Produk di Blibli.com, Cukup Memuaskan!

  1. yusi

    saya juga mengalami masalah serupa. hp yang saya pesan cacat produk, dan tidak bisa booting. sekarang sedang dalam proses retur,..
    moga2 bisa diganti yang “bener” juga.

    Reply
    1. Ridwansyah Post author

      ongkir ditanggung kita gan. Tapi dibeberapa case untuk barang2 elektronik yang harganya mungkin agak mahal akan ada kurir blibli yang dateng ke tempat kita untuk mengambil barangnya.

      Reply
  2. Pingback: Blibli.com informasi dan Review pelanggan kompain | Tio Advertising

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s