Hati-hati di jalanan, ranjau paku makin canggih!!

Sekarang ranjau paku makin canggih! Mau ban yang tubeless, mau yang pake ban dalem pasti bakalan modar bannya langsung kempes kalo kena ranjau yang satu ini. Silakan liat gambar dibawah :

Ranjau Paku

Enak banget itu besi nempelnya ya? Nah coba lihat lebih seksama. Kalo dilihat lebih dekat dan dipegang itu bukan paku dan juga bukan terbuat dari besi. Apa itu kira-kira? Itu adalah jari-jari kerangka payung hujan! Iyap, potongan kerangka payung hujan. 

gatsuSaya kena ranjau ini di jalan Gatot Subroto tepatnya di depan Halte Busway Kartika Chandra. Kebetulan saya lagi naik jalur Busway dan biasanya tiap hari juga lewat jalur busway. Biasanya kalau uda di Gatot Subroto, kecepatan pasti saya jaga di sekitar 60km/jam karena waspada ranjau dan memang ranjau biasanya ga nempel kalau kecepatan diatas 40km/jam.

Cuma tadi memasuki halte busway KC agak tersendat karena ada 3 busway yang mau masuk halte. Jadilah saya keluar jalur busway ke jalur normal.

Setelah jalan di jalur semestinya, saya ngerasa ban belakang agak oleng, gujlag-gajlug-gujlag-gajlug ga nyaman. Seketika langsung keluar feeling kalau ban kempes bocor. Intip ke ban belakang sebentar, eh bener angin ban uda semakin menipis.. Dan ga sampe semenit, angin ban uda abis. Langsung pinggirin motor, dan alhamdulillah kondisi jalan ngga begitu ramai.

Pas lagi minggirin motor, saya lihat sesuatu yang nancep jelas seperti gambar di atas. Dan karena ga ada tang, saya ga berhasil nyabut itu besi karena posisinya seperti jarum infus. Miring!

Jari-jari Payung

Saya tuntun motor sambil gigi 1 dan jalan perlahan untuk mencari sesosok tukang tambal ban. Sebelum Wisma Mulia, yang masuk ke jalan Mughni, tidak jauh dari situ ada tukang tambel ban, seorang Bapak-bapak tua.

Ngeliat kondisi ban tanpa ragu si bapak langsung ngomong : “wah kena ranjau dari Senayan ke Semanggi nih mas! Ni kena yang tadi malem nih pasti. Itu orang kerjanya tengah malem nyebarin ranjau.”

Entah siapa orang yang dimaksud doi tapi yang pasti penebar ranjau itu emang ada dan banyak banget. Tega? Hmm.. Jakarta keras bung! Kemudian dalam hitungan menit besi sudah terlepas dan ban sudah ditambel. Enaknya tubeless tinggal nyoblos lem, ga sampe 2 menit uda kering langsung isi angin dan cuss.. Total 15ribu untuk nambel.

Jaring payung (source:rumahpayung.com)

jari-jari payung (source:rumahpayung.com)

Kalo dari penjelasan si bapak, sekarang uda bukan jamannya lagi ranjau paku. Karena kalau paku nancep di ban tubeless, angin kadang ga keluar dan ban ga bocor. Sekarang itu jamannya ranjau jari-jari payung. Kenapa harus pake jari-jari payung? Karena jaring payung bahannya bukan dari besi, tajam dan ada celah di tengahnya untuk udara keluar! Perhatiin gambar diatas dan bandingkan dengan gambar disamping. Persis kan? Yap jaring-jaring payung itu dipotong-potong dan disebar di tengah jalan.

Celah di tengahlah yang membuat udara cepat keluar. Jadi kalo uda ketancep, mau yang tubeless pun pasti angin langsung habis. Kelebihan jaring payung ini juga sepertinya ga akan ketarik alat sweeping ranjau yang polisi punya. Karena bahannya bukan besi dan ngga ketarik oleh magnet!

Suudzon ga sih?? Hmm kalau ini pendapat masing-masing aja. Coba liat berita tentang ranjau jari-jari payung di detik ini. Beritanya uda rame! Malahan ini gunanya untuk begal nasabah bank! Masya Allah..

Kita harus semakin waspada kalau udah di jalan. Tulisan ini menghimbau agar kita selalu hati-hati dan lihat jalanan terutama liatin lobang, ranjau dan genangan air.

Keep safety!

Advertisements

2 thoughts on “Hati-hati di jalanan, ranjau paku makin canggih!!

  1. ibnu

    pagi ini, sabtu 17 okt 2015. sy jg lewat gatot subroto, 200m lagi plaza semanggi. ban mtr sy njebrot (kempes). sy pacu matic sy 80km/jm dimulai dari lampu merah slipi, ranjau kawat payung nancep di ban belakang, bagian samping ban (bukan di punggung ban). hampir sj sy celaka d buatnya, dlm keadaan ngebut d jl.gatotsubroto (200m sblum plaza semanggi) ban ketancep kwt payung, motor oleng ngesot2, krna kaget, reflek rem mndadak, hamppir tertabrak pngmudi lain.
    benar2 paraah penebar ranjau.
    tapi anehnya kawat payung tsb nancepnya disamping (hampir mendekati bibir velg), bukan di punggung ban. ?????
    hati2 bro
    tips : jgn ngebut (di jamin nancep tu kawat payung kalo kcepatan di atas 60km/jam)

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s