Makanan Unik Khas Gorontalo

Puasa-puasa sore gini kita ngomongin makanan gapapa deh ya. Sambil ngabuburit šŸ™‚

Binte Biluhuta
Biasa juga disebut dengan Milu Siram atau kalau dalam bahasa Indonesia biasa disebut Sup Jagung. Nah, makanan ini terdiri dari kuah, jagung, udang, daun kemangi dan ikan. Rasa makanan ini seger banget! Kaldu ikan dan aroma serta rasa daun kemanginya juga bikin makanan ini tambah seger. Kaldu ikannya kuat banget! Ikan yang digunakan di Milu Siram ini Ikan Cakalang atau Ikan Tuna.

milu siram

Milu Siram Campur (Ikan dan Jagung)

Paling enak makan Milu Siram ini ketika pagiĀ atauĀ malam hari untuk mencari kehangatan dan menambah stamina. Kalau mau makan, paling enak yang Milu Siram Ikan, karena didalamnya ada potongan daging ikan kecil-kecil yang menambah rasa. Kalau yang udang agak kurang nikmat, karena udangnya kecil-kecil seperti udang rebon dan malah jadinya agak tajem-tajem nusuk gitu di mulut. Maknyus!!

Ilabulo
Kalau makanan yang satu ini lebih unik lagi. Nah, Ilabulo sedianya adalah sagu yang isinya ati ampela ayam dibungkus seperti pepes ikan. Rasanya gurih dan agak pedas juga, teksturnya lengket kaya lontong tapi lembut. Ilabulo ini kaya akan rempah, jadi kaya rasa banget! Makanan ini biasanya dijadikan makanan utama pada saat siang hari.

Ilabulo

Ilabulo

Di dalamnya selain ati ampela ada juga kuning dan putih telornya. Naaah yang paling ga banget dari Ilabulo ini adalah warnanya. Coba aja perhatiin warna sama bentuknya, kayak yang sering kita keluarin tiap hari kaan? Hehe. Bagaimanapun makanan ini enakk!

Ikan Bakar RM Melki Brazil
Untuk yang satu ini bukan karena makanannya yang khas. Tapi mungkin kalo ke Gorontalo kita harus ke rumah makan ini! Di Gorontalo, ikan adalah menu utama masakan karena memang dikelilingi oleh laut dan pasokan ikan pastinya selalu tersedia. Banyak sekali jenis ikan disini mulai dari kakap, ikan cuek, ikan dabu-dabu, dan ikan enak lainnya.

Ikan Bakar sambal Dabu-dabu

Ikan Bakar sambal Dabu-dabu Brazil

Ada satu rumah makan yang terkenal namanya RM Melki Brazil, biasanya disebut dengan Brazil saja. Lokasinya di pinggir pantai jalan raya. Rumah makannya kecil, tidak begitu luas tapi selalu ramai pengunjung. Mungkin ini salah satu RM paling terkenal di Gorontalo. Sambel disini pedesnya minta ampun, tapi itu yang menambah kenikmatan makan ikannya! Pokonya maknyus!!

Advertisements

One thought on “Makanan Unik Khas Gorontalo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s