Cara Membuat Pie Susu Teflon yang Enak!

piesusu4

Satu Loyang Pie Susu Teflon

Pie susu atau nama kerennya egg tart adalah kue yang rasanya manis tetapi memiliki rasa kulit yang gurih. Kue ini cocok disajikan saat kumpul bersama teman ataupun keluarga. Dimakan dalam keadaan dingin, rasanya jauh lebih enak. Kalau beli harga per slice nya bisa mencapai 5 ribu Rupiah. Biar lebih hemat yuk kita coba bikin sendiri kue ini.

Bahannya mudah didapat dan buat yang tidak punya oven pun tetap bisa bikin kue lho. Peralatan dapur yang harus disiapkan hanya teflon dan tutupnya. Resep ini menghasilkan 2 loyang besar pie susu yang crunchy crustnya. Kira-kira setelah dipotong jadi 14 slice ukuran sedang (pantas untuk disajikan). Di dalam resep ini saya juga akan kalibrasi ukuran gram ke ukuran sendok makan ataupun sendok teh. Supaya yang tidak punya timbangan tetap bisa membuat kue tanpa gagal.

Lalu, untuk bahan-bahannya saya akan share juga merknya, bukan promosi tapi biar pembaca tahu dan bisa membandingkan mutu produk. Kalau mau diganti juga boleh saja. Oh iya, saya di sini pakai mentega blue band yang di kotak bulat kecil itu, memang harganya lebih mahal tapi untuk membuat kue lebih enak daripada blueband yang sachet. Ini feeling aja sih dan dapat masukan dari mertua. Hehehe.

Note :
Untuk yang baru belajar masak, sdm (sendok makan), sdt (sendok teh), untuk ukuran susu ml lebih baik kalau tidak punya gelas ukur beli susu kental manis yang sachet saja.
Porsi : 14 slice

Bahan-bahan dan langkah membuatnya :

Bahan kulit pie :
150 gr (10 sdm) tepung terigu serbaguna *sy pakai segitiga biru
100 gr (kurleb 7 sdm munjung) mentega *sy pakai blue band
1 sdm gula halus
1 butir telur ayam
1 sdm susu bubuk *sy pakai susu dancow putih
Bahan fla susu :
3 butir kuning telur ayam
200 ml susu kental manis *sy pakai 5 bungkus SKM bendera sachet
1/2 sdt vanili bubuk
1 1/2 sdt tepung maizena
100 ml air matang

Langkah-langkah membuatnya :

  1. Ayak tepung terigu agar tidak menggumpal dan teksturnya bagus ketika dibuat adonan. Tapi kalau mau langkah cepat tidak perlu diayak juga tidak masalah.
  2. Campurkan bahan-bahan kulit pie. Dimulai dari mencampur tepung terigu, mentega, gula halus, dan susu bubuk. Aduk sampai rata. Setelah merata campurkan 1 butir telur dan aduk hingga kalis. Kalau ternyata belum kalis, bisa ditambahkan tepung terigu.
  3. Giling atau pipihkan adonan kulit pie. Karena saya tidak punya penggiling adonan, jadi saya menggunakan ulekan yang dilapisi plastik untuk memipihkan adonan agar ketebalannya merata. Bagi adonan menjadi dua. Saya suka yang tidak terlalu tebal kulitnya jadi resep ini bisa dipakai untuk 2 kali baking.
  4. Letakkan adonan dan bentuk di teflon. Kalau saya sukanya tidak terlalu tebal. Setelah itu tusuk-tusuk bagian tengah adonan dengan garpu dan pinggirnya ditarik menggunakan garpu juga supaya bentuk kulitnya cantik. Lalu simpan di dalam lemari es (kulkas) selama kurang lebih 30 menit.
  5. Sambil menunggu adonan mengeras di kulkas. Buat flanya dengan mencampur semua bahan. Catatan : tepung maizena dilarutkan dengan air matang 100ml di resep ya. Masukkan susu kental manis dan kuning telur, aduk hingga tercampur rata. Masukkan larutan tepung maizena dan campur rata. Untuk menghilangkan bau amis tambahkan vanili bubuk. Aduk dan kemudian saring agar fla menghasilkan tekstur dan bentuk yang bagus saat dibaking.
  6. Setelah 30 menit keluarkan dari kulkas, teflon yang berisi adonan kulit pie, dan tuangkan separuh fla susu di atasnya.
  7. Letakkan teflon di atas kompor dan tutup. Gunakan api yang paling kecil dan panggang selama kurang lebih 40-50 menit. Selama baking, dilihat dan buka tutup lalu lap air uapnya agar adonan fla tidak pecah dan mulus. Lakukan hal serupa sampai kulit pie dan fla susunya matang berwarna kuning. Tingkat kematangan tergantung api yang digunakan.
  8. Setelah matang merata, angkat pie dari teflon. Diamkan hingga dingin dan potong sesuai selera.
  9. Lakukan pencetakan pie dan baking untuk adonan kedua.
Satu adonan menjadi 2 loyang pie susu

Satu adonan menjadi 2 loyang pie susu

Selamat mencoba. 🙂
by : megatala

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s