Multiply, dari jejaring sosial sampai e-Commerce dan akhirnya tutup!

UPDATE : Setelah lama ga buka Multiply dan sudah mengikhlaskan account saya yang dijadikan profil e-commerce oleh Multiply, maka bulan Agustus ini ketika mengecek ke websitenya dan begitu tercengangnya saya dan terbengong2nya karena si Multiply ini sekarang sudah bubar, gulung tikar, bangkrut, udahan, ngacir, dan kosakata lain untuk bahasa tutup usaha! Ternyata uda dari 1 Juni 2013 penutupan ini terjadi.

Menurut pengakuan si Owner Multiply ini, alasan utama untuk menutup layanan multiply ini adalah karena kalah dengan persaingan toko online di Indonesia, seperti tokobagus  dan mungkin FJB Kaskus. Inilah contoh perusahaan yang ‘from Something to Nothing‘. 

Multiply, dulu menjadi tempat awal belajar mengenai jejaring sosial dan internet blogging buat saya. Fiturnya yang melimpah membuat saya sangat tertarik untuk belajar dan aktif di jejaring sosial tersebut. Kalau dulu, belum tenar tuh yang namanya facebook. Apalagi si burung biru, twitter,hehe. Ada beberapa hal yang saya sukai dari Multiply ketika itu. Salah satunya adalah fitur media sharingnya. Nah disini kita bisa membuat blog pribadi kita, dimana sudah ada template yang memang ditentukan oleh Multiply.

Ada bagian untuk posting (coret-coretan), ada bagian untuk music sharing (kalau dulu kita bisa langsung download di halaman secara langsung, tapi sekarang ngga karena terkait music piracy), kemudian ada juga calendar sharing, dan video sharing.. Kalo di calendar sharing, kita bisa add event yang ada di calendar di halaman multiply kita, yang nanti teman/pengunjung bisa melihatnya. Kalau dari video, kita bisa upload atau link ke youtube (standar fitur).  Kemudian ada juga fitur guestbooknya yang menurut saya kala itu cukup unik.. (ga tau uniknya dimana, hehe).

Nahh, salah satu yang saya suka lagi adalah, di blog multiply itu kita punya welcome room, dimana kita bisa nulis kata2, puisi, ataupun gambar, animasi yang menggambarkan ‘Selamat Datang’ buat visitor blog kita. Welcome room ini bisa kita customize sendiri sesuai kreasi kita. Tapi satu hal, part ini tidak support untuk JavaScript.

Salah satu favorite blog multiply saya kala itu adalah blog MP nya Mba Athira. Kebetulan beliau adalah kk nya Nafisah, salah satu temen SMA saya. Di blog tersebut kala itu beliau sering posting foto-foto hasil karyanya, tulisan2 inspiratif dan termasuk juga lagu2 adem yang ada di music sharingnya. Selain itu beliau juga kreatif banget dalam mendesain halaman blog nya..

Nah, kini Multiply sudah tidak seperti dulu lagi. Semenjak tahun 2011, multiply mengubah haluan bisnisnya dari jejaring sosial menjadi website e-commerce. Menurut kompas, terhitung Mei 2012 ini, kantor pusatnya yang di AS pun dipindah ke Indonesia. Menurut sumber juga, lokasi kantornya ada di Gandaria, Jakarta Selatan. Kemudian CEO Multiply diganti menjadi Stefan Magdalinski, menggantikan Peter Pezaris yang merupakan pendiri Multiply. Menurut saya hal ini lebih disebabkan karena mencari CEO yang lebih expert dalam menangani e-commerce.

Nah, sekarang coba lihat blog Multiplynya si Peter Pezaris pendiri Multiply ini. Bahkan blognya dia sendiri pun sudah ditinggalkan alias ga diupdate lagi. hehe. Hal ini juga berlaku dengan teman2 yang dulu sering update tulisan2nya di multiply.. Kini mereka sudah meninggalkan jejaring sosial ini dan skarang lebih senang bermain di jejaring sosial 160-huruf ataupun mukabuku milik Zuckerberg.

Salah satu perusahaan pemanfaatan layanan e-commerce multiply ini yang saya pernah buka adalah XL123 dan Erafone. Layanan yang diberikan cukup mudah, seperti online shop biasanya. Nah, sepertinya langkah multiply untuk menjadi salah satu the biggest e-commerce di negara kita merupakan langkah tepat. Terbukti sudah banyak perusahaan2 besar yang menggunakan service e-commerce mereka.

Semoga bermanfaat. 

Advertisements

3 thoughts on “Multiply, dari jejaring sosial sampai e-Commerce dan akhirnya tutup!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s