Segera Obati Mata Bintitan!!

Seminggu yang lalu tepatnya di Minggu malam, mata kiri bagian bawah tu rasanya seperti ada yang ngeganjel. Kalo lagi sujud kerasa deh tuh agak perih aliran darah yang di bagian sana. Nah kalo uda ngerasa kaya gini biasanya keesokan harinya mata saya pasti bengkak setelah bangun tidur.

Bener aja, pagi harinya mata sebelah kiri bengkak bagian kelopak bawahnya. Bengep banget kalo lagi ngaca. Selain bengkak ada perasaan tidak nyaman karena agak sedikit sakit. Karena sudah pernah mengalami hal ini, saya pikir ini hal biasa yang nanti juga kempes sendiri di malam harinya. Ternyata sampai malam hari bengkaknya ga ilang-ilang masi seperti di pagi hari. Pas malam iseng-iseng ngaca di kamar sambil ngebuka kelopak mata bagian bawah untuk ngeliat bagian dalemnya, dan ternyata..

Ada bintitan yang ngegelembung (gemuk) di dalem sana! Pantes mata bengkak,, ternyata ini penyebabnya..

Si bintit
Si bintit

Ketika lagi melihat bagian bawah kelopak mata dengan jari menarik sebagian kulit mata bagian bawah itu, tidak sengaja jari agak menekan ke arah kornea mata sehingga posisi si-bintitan sedikit tertekan. Tidak lama keluarlah cairan putih yang ternyata itu adalah nanah. Oh noooo.. Saya lap dengan kain bersih, berusaha agar nanah tidak masuk ke area kornea mata. Kemudian saya coba pencet lagi berharap ada nanah lagi yang keluar, ternyata benar masi ada nanah yang keluar. Saya pencet terus sampai nanah habis dan akhirnya darah sedikit keluar. Saya hentikan pemencetan dan lap dengan kain bersih.

Dengan harapan besok pagi kempes, saya tidur dengan nyenyaknya..

Esok pagi ketika terbangun yang pertama saya lakukan adalah cari kaca!! Oh noooo kelopak bagian bawah masi bengkak juga, tapi agak sedikit berkurang. Saya langsung kasi tetes mata Insto pagi dan malam hari siapa tau bisa jadi kempes..

Hari-hari berlalu dan perlahan-lahan kelopak bawah saya mulai kembali normal. Sampai hari kemarin sebenernya kelopak bawah bisa dbilang uda kaya biasa. Cuma kalo nanya sama orang lain, masih dibilang ada sedikit bengkak. Bener lho! Kalo di kaca sendiri kita ngeliatnya uda normal, tapi kalo orang lain yang bilang pasti pendapatnya beda. 

Jumat malam saya iseng melihat bagian dalam kelopak bagian bawah untuk melihat apa bener-bener uda bersih bintitannya. Ternyata masih ada! Masih seperti hari senin kemarin bentuknya. Yang berbeda hanya kempes di bagian kulit luarnya saja. Segera saya googling mengenai bintitan, sontak saya dalam hati mengatakan. Aaaaaaaakkkk. Banyak beberapa kasus bintitan yang harus diakhiri dengan insisi (bahasa gaulnya : dibelek). Apalagi untuk bintitan yang sudah lama dan mengeras.

Hari ini langsung saya mendatangi JEC (Jakarta Eye Center) Menteng dengan saran dari sepupu saya Putri Idham yang kebetulan sedang mengambil spesialisasi mata di FKUI. Dia menyarankan untuk menemui Dr. Made Susiyanti, SpM karena sub-spesialisasinya adalah  Immunology Infection, sesuai dengan kasus bintitan mata.

Jam 1.30 siang tadi sampai di JEC dan mendaftar sebagai pasien baru, isi form dan administrasi lainnya. Kemudian setelah administrasi pendaftaran selesai langsung menuju lantai 3 ke ruangan BDR Executive. Sampai sekarang saya belom tau kepanjangan BDR tapi di dalem sana tadi saya dilihat sekilas bintitannya dan juga sekalian tes rabun (membaca huruf yang makin lama makin kecil).

Setelah dari ruangan BDR langsung ke ruang tunggu untuk dipanggil giliran bertemu dokter. Setelah dipanggil, masuk ke ruangan dokter dan mata saya difoto pake alatnya yang menurut saya sangat keren karena baru pertama kali saya lihat dan belum pernah ketemu sama dokter mata. Hasil foto dari intip-intip bu dokter ke mata saya tadi bisa langsung tampil di laptop si dokter. Cooll! Ternyata kalo dilihat disana bintitnya itu gede banget! Detil dan jelas karena zoomnya sangat dekat.

Dokter sempat bilang kenapa ga dari awal ngerasa bengkak dan sakit langsung ke dokter untuk diobati. Karena ini adalah infeksi, maka jika tidak diobati bisa menjadi berbahaya. Beliau menanyakan sudah dikasih obat apa saja, dan saya bilang cuma dikasi tetesan Insto pagi dan malam hari. Ternyata dari pernyataan beliau saya baru mengetahui kalau Insto itu jika dipakai lebih dari 1 hari dan secara terus-menerus akan mengakibatkan infeksi yang baru.

Kemudian beliau mengatakan akan mencoba dengan obat salep dan antibiotik terlebih dahulu, jika belum hilang bintitannya maka kembali lagi untuk di bersihkan nanahnya (dilakukan insisi). Aaaaaakkk. Mudah-mudahan kempes ya Allah..

Ohya ketika saya tanya penyebabnya menurut beliau adalah karena infeksi. Bisa karena kotoran masuk ke dalam mata. Sepertinya bintitan saya yang ini adalah karena mengucek mata dengan tangan yang tidak bersih. Hal yang kadang kita tidak sadar tapi bisa menjadi penyakit.

Selesai dari ruangan dokter, langsung ke kasir dan membayar biaya tagihan 310.000. Jasa dokter 260.000 dan 50.000 adalah biaya administrasi. Saya dikasi resep Amoxicillin 500mg dan obat salep Cendo Xytrol EO.

Jadi jangan pernah menyepelekan bintitan di mata! Karena kalau uda keras, tindakannya uda pasti insisi buat ngebuang isi dari bintitannya. Semoga kita selalu diberi kesehatan sama Allah SWT.. Amin ya Rabb.

31 thoughts on “Segera Obati Mata Bintitan!!

  1. Mas Bay

    Minggu lalu mata ane iritasi juga bro, biasa kalo iritasi mentok seharian juga udh beres. Tapi ini hampir 3 hari mata ane merah dan perih nangis terus. Panik soalnya weekend dokter mata sama RS poli mata di kota ane tutup. Liat cahaya dikit aja langsung silau.

    Dan kata temen ane yg dokter umum itu udh bahaya bgt. Panik bro. Apa gara2 softlense ane yg kotor / kadaluarsa. Terus tiba2 temen ngaji yg orang farmasi ngasi saran pake Cendro Xytol yg warna botolnya kuning + pil (lupa namanya methamyl apa gt) beli di apotik biasa totalnya 36rb.

    Abis ditetesin itu ngga sampe 2 jam mata ane sembuh, langsung balik putih, merahnya ilang. Syukurlah ngga sampe tindakan medis.

    Yang ditindak medis barusan ane di foto rontgen, dada ane sakit abis tenggelem di sungai.. Hehe

    1. itu ga ketauan jadinya kenapa ya MasBay merah sampe 3 harinya? Iritasi nya sampai ke kornea perih itu berarti ya.

      Waittt, tenggelem karena banjir apa tenggelem lagi kangen berenang di sungai? 😀 Ga apa-apa kan?

  2. rina

    Mas, apakah bintitan yg tersisa itu bisa hilang ketika menggunakan cendo xytrol n amoxilin?
    Apakah anda tdk perlu lagi melakukan insisi.

    Trims

  3. rina

    Mas, setelah menggunKan cendo xytrol apakah bintitan yg anda alami bisa hilang?
    Dan apakah tidak perlu melakukan tindakan insisi?
    Trims

    saya sekarang mengalami mata bintitan,

  4. Rierien

    Mas mataq bintitan udah 2 minggu dan ini udah keras,kira2 bsa g ya pakai obt yg dipakai mas itu,,disini g tau q dokter specialis mata dimana,q sering bintitan tp biasanya 3 hr sembuh sendiri,tp ini yg dalem bintitanya n baru kali ini,mohon petunjuk.

  5. Mata aku udah 2minggu bintitan dikelopak mata bagian atas, dulu udah sempet normal tapi pas balik liburan dari pantai malah ada lagi:( udh diperiksa kedokter katanya jerawat biasa dan dikasih salep mata tapi ga ada efeknya sama sekali. Udh bingung banget ngobatinnya gimana:( udah pernah aku coba dipencet tapi ga ada nanah apapun didalemnya:( yg tau cara nyembuhinnya bls ya:’)

  6. irsyad

    Mas saya bintitan di bagian kelopak bawah yg dalam udh 3 minggu an klo ga salah itu kalo di obatin pake salep apa bsa sembuh dan cara make salep nya gmn soal nya di bagian dalem.

    1. Kalo uda 3 minggu dan uda di treatment baiknya konsultasi ke dokter spesialis mata. Khawatir ada yang lain bukan cuma sekedar bintitan.

      Olesin salepnya di bagian dalemnya, seperti kalau kita mau ngecek tubuh kita kurang darah atau ngga, kan bagian kelopak bawah seperti ditarik hingga keliatan dalamnya. Saat seperti itu langsung oleskan. Tidak perih karena memang diperuntukkan buat mata

  7. nuraeni latifah

    yaAllah miris bgt cerita nyaaa sama yg aku alamin skrg. pgn berbagi cerita nih😭awalnya tuh habis nangis ka malem² trs tanpa cuci muka aku langsung pake cuka apel buat ngobatin jerawat di muka. emg ngerasa pedih bgt bsk pagi nya bengkak ngt sembab nah aku pake obat tetes cendo kan. skrg udh 5blnan .aku kira bintit eh tau nya kaya bisul malah keras tp ga keluar nanah. aku takut di operasi😭😭ada yg lg ngalamin hal serupa ga? aku udh pake bawang putih kaya googling eh malah makin pedis ini bawah mata

  8. haii mau share cerita jg aku ngalamin cerita yg sama persis dengan mas ridwan. bengkak berair sakit buat nunduk trs tbtb ada bintitan di dalem mata, 3 minggu+ ga kempes akhirnya mau ga mau beraniin diri buat dioperasi biar cepet sembuhnya (kempes). pesenya sii jangan kucek mata walaupun itu sepele 🙂

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.