Indahnya Ujian

Malam ini saya diingatkan kembali pada suatu hal. Hal yang selalu terjadi pada manusia namun terkadang kita selalu lupa untuk mengambil hikmah daripadanya. Yakni segala bentuk apapun ujian, cobaan, musibah dan kejadian yang terjadi kepada kita tandanya Allah masih sayang sama kita. Allah memberikan teguran agar kita nengok, agar kita ingat kembali akan kekuasaan dan rahmat-Nya. Agar kita senantiasa bersyukur bahwa tiada Tuhan selain Allah.

Qs. Al-Ankabut : 2-3 “Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: ’Kami telah beriman’, sedang mereka tidak diuji lagi ?Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.

Malam ini saya chatting dengan seorang sahabat. Beliau ini merupakan salah satu sahabat yang memiliki pendirian, kedewasaan, serta prinsip dan pandangan kehidupan yang luar biasa.

Ada beberapa kutipan-kutipan chatting dengan beliau yang semoga bisa bermanfaat untuk kita yang membacanya.

“…apapun kondisinya harus bersyukur wan… soalnya setiap orang punya skenarionya masing-masing.. dan Allah gak akan menyia-nyiakan hambaNya..”

“wan.. sehat bugar dan penuh rutinitas gak menjamin orang itu bahagia loh… sakit dan dalam keterbatasan tapi dekat sama Allah itu luar biasa bahagianya..”

“wan… lu mestinya bersyukur secara individu Allah memberikan lu kesempatan untuk menyempurnakan ibadah… Insya Allah lebih banyak lagi amalan..”

“…keterbatasan dan kerasnya cobaan itu bisa membuat hati orang berbelok menjadi lebih baik..” “..orang banyak menggadaikan waktu ibadah hanya demi menyicil kesuksesan dunia yang dinikmati sementara..”

“…orang hebat itu adanya di arus tengah.. muncul ke permukaan enggak.. tenggelam juga enggak..” “..lu semangat wan, jaga orang tua… jaga ibadahnya.. jaga kesehatannya.. dalam kondisi apapun lu, ya usahakan dedikasikan untuk bonyok..”

Kita harus tetap semangat dalam menjalani ujian!! Karena semangat itu adalah keharusan, bukan suatu pilihan! 

Qs. Al-Baqarah : 286

“Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya.”

Doa Bromo

Advertisements

3 thoughts on “Indahnya Ujian

  1. Sugih

    Subhanallah, beruntung sekali mempunyai sahabat yang memiliki pemikiran yang begitu luar biasa.

    Betul sekali Mas, Allah tidak akan menguji makhluk-Nya di luar kemampuan mereka.

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s