megatala

August 21, 2017

Hej, Stockholm! #part1

Alhamdulillah suamiku sudah sampai dengan selamat di Stockholm, Sweden. Selama 2 tahun ke depan, InsyaAllah suamiku akan tinggal di Stockholm dan melanjutkan kuliah di Stockholm University (SU) dengan jurusan Information System Management.

Kok bisa di Sweden? Kenapa nggak negara lainnya?

Well, setinggi-tingginya impian harus tetap menginjak bumi supaya realistis. Bukan membatasi impian tapi menyelaraskan impian dengan kondisi diri. Yeee kaaann.

Sebelumnya, Alhamdulillah suamiku mendapatkan 3 LoA dari 3 universitas di 3 negara berbeda. Tapi jangan sedih masih ada universitas yg menolak suamiku kok. Hahaha. Adil kan. 😂

Sampailah pilihan jatuh ke SU ini. Kepusingan berikutnya adalah siapa yg bayarin sekolahnya? Nah, inilah yg paling realistis. Pemerintah Swedia menawarkan beasiswa untuk calon mahasiswa. Ya, Swedish Institute (SI.) sila cek di https://eng.si.se/ di website ini banyak informasi seputar pendidikan di Sweden. Cek ya!

Next adalah kenapa harus Sweden? Well, banyak orang yg kenal Sweden lewat IKEA. Hayo siapa yg gak kenal surganya mebel unik ini? Sweden itu negara maju, banyak inovasi lahir dari sana. Sila browsing yes!

Selanjutnya yg paling penting, alur pendaftaran pendidikan di Sweden ini rapi banget! Pemerintahnya menggunakan sistem satu pintu, jadi kalau mau daftar cukup lewat satu website itu ya termasuk pendaftaran beasiswanya.

Beasiswa SI. mengcover apa saja? Yg pasti tuitition fee, travel allowance dan living cost! Family? Settlement allowance? Buku? Nope. Sedikit dong? Banyak sedikit tergantung kitanya nggak sih? IMHO. Jadi kalau nantinya bisa travelling itu cuma ‘bonus’ ya, bonus.

Alhamdulillah tahun ini ada 10 mahasiswa Indonesia yg mendapatkan beasiswa SI. untuk melanjutkan pendidikan di wilayah Swedia.

Mohon doanya supaya suamiku bisa beradaptasi dengan pendidikan di sana, dilancarkan studinya, diberi keberkahan dalam menempuh pendidikannya, dan kelak ilmunya bermanfaat untuk negara kita. Suamiku masih PNS kok, masih gak resign dari kantornya. Hihihi.

Note: kemerdekaan dalam berpasangan adalah ketika impian kita bisa selaras dg impian pasangan. Kita tidak mengekang cita-citanya melainkan saling memberi dukungan. 😊😘😂💚💜

by: megatala

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s