Kenapa Harus Sekolah Lebih Tinggi?

Seringkali pendidikan dijadikan tolak ukur suatu peradaban. Melalui pendidikan, suatu peradaban bisa maju, melalui pendidikan kemiskinan dapat dientaskan dan melalui pendidikan pula saya yakin negara Indonesia ini bisa lebih maju!

Saya mengartikan pendidikan dengan suatu usaha yang dilakukan secara terus menerus dan berkesinambungan untuk mendapatkan suatu ILMU, yang nantinya dapat bermanfaat untuk kehidupan bagi sesama umat manusia. Pendidikan disini bukan hanya mengenai pendidikan akademis, tapi juga pendidikan non akademis yang di dalamnya terdapat ilmu yang bermanfaat lho ya!

Hmm beberapa poin dibawah ini merupakan motivasi sederhana saya untuk melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi:

Memajukan Pola Pikir

Saya selalu yakin bahwa orang yang mengenyam pendidikan sampai ke tingkat yang lebih tinggi  (tentunya yang betul-betul menjalankan pendidikan tersebut, bukan hanya sekedar gelar ataupun sertifikat belaka ya!) biasanya orang itu memiliki attitude yang baik, dapat lebih menghargai orang lain , dan memiliki pola pikir yang lebih maju, artinya berpikiran jauh ke depan. Ga percaya? Coba lihat orang-orang sekitar yang lebih berilmu dibanding kita, kemudian lihat kehidupannya, lihat bagaimana dia bertindak, bagaimana dia bersosialisasi dan bagaimana dia bisa menghargai orang lain.

Hmm, lalu kenapa kita harus punya ILMU?

Karena dengan ilmu, kita bisa menjadi lebih bermanfaat untuk orang lain. 
Karena dengan ilmu, sekarang kita bisa lihat ceramah dan kajian, kapanpun, dimanapun, asalkan ada jaringan internet. 
Karena dengan ilmu, saya bisa nulis tulisan ini yang mungkin kurang ilmunya dan dibaca oleh banyak orang. (bingung ya? hehe)

Penasaran dengan Paper dan Academic things lainnya.

Jujur banget, saya selama S1 belum pernah bersentuhan dengan academic paper! This is true! Mungkin kalian bertanya, ko bisa sih? Trus skripsinya gimana? Bukannya harus ada penelitian untuk skripsi?

Well, karena saya kuliah di jurusan IT yang mana sekitar 10 tahun lalu, jadi skripsi saya tidak harus berupa penelitian. Sebuah implementasi dengan metode tertentu dapat dijadikan sebuah skripsi S1. Dari situ saya baru sadar bahwa S1 saya kebanyakan mainnya. Main disini artinya kurang condong ke sisi akademis, lebih prioritas terhadap praktek dan kesiapan untuk dunia kerja. Memang karena kampus saya dulu memfokuskan mahasiswanya untuk siap terjun di dunia kerja, bukan hanya untuk menjadi akademisi.

Jadi melanjutkan sekolah itu merupakan part kehidupan saya untuk memahami akademis lanjut dan sekaligus memahami lebih dalam ilmu yang sudah saya kenal sebelumnya yang nantinya bisa saya aplikasikan di dunia kerja nyata, tentunya untuk Indonesia yang lebih bermartabat!

Karena Sekolah Itu Menyenangkan!

Saya rindu masa sekolah. Karena dunia sekolah itu adalah dunia yang sangat menyenangkan. Masa SD, SMP, SMA, S1 itu adalah masa yang sangat menyenangkan. Dan yang namanya sekolah itu asyiknya kita punya teman-teman yang satu tujuan dengan kita. Salah satu tujuannya yaitu untuk menuntut ilmu!

Yang namanya belajar itu sebetulnya bukan hanya di sekolah atau di universitas atau di tempat kursus..

Setiap detik dari kehidupan kita sebetulnya adalah tempat kita belajar. Salah satu contohnya, belajar dari ilmu orang lain.

Karena saya yakin setiap orang yang saya temui setiap harinya adalah orang spesial yang memiliki ilmu yang lebih dari saya!

–tulisan ini dibuat sebagai personal reflection di tengah malam sunyi, dalam kegelapan malam yang dingin

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s