Telepon Murah Ke Luar Negeri menggunakan Skype Low Call Rates

Masi inget kalau dulu kita mau telepon keluar negeri kita harus menggunakan Sambungan Langsung Internasional (SLI)? Sampai ada slogan iklan yang berbunyi

SLI Kosong Kosong Delapann..

Dulu kita harus menggunakan kode 001 atau 008 ketika mau menelepon baru diikuti dengan nomor telpon tujuan luar negeri agar sambungan internasional bisa kita dapatkan. Tapi seiring perkembangan teknologi, trend penggunaan SLI pun pudar dan digantikan dengan Voice over Internet Protocol (VoIP).

Nah, menelepon keluar negeri saat ini bukan lagi merupakan masalah. Juga, telepon keluar negeri dengan biaya mahal itu uda bukan zamannya lagi lho. Asalkan ada wifi, kita bisa menelepon siapapun darimanapun dengan tanpa ada masalah. Hampir semua online messenger sekarang memiliki fasilitas voice call, atau bahkan video call, seperti Whatsapp Call, Facebook Messenger, Line Call, Telegram Call, Viber Call dan Skype.

Pertanyaannya, apakah artinya menelefon menggunakan internet itu benar-benar gratis?

Eitss belum tentu. Saat menggunakan internet itu, tentunya kita akan menggunakan kuota internet kita. Kita mengeluarkan biaya untuk mendapatkan kuota internet, jadi tidak benar-benar gratis. Nah kalau misalnya lagi di public space kemudian menggunakan wifi gratis dan kita melakukan panggilan internet, itu baru namanya telepon gratis.

Disamping seluruh kemudahan untuk menelpon keluarga, kerabat, saudara dan teman di belahan bumi lainnya menggunakan Online Messenger, terkadang kita dihadapkan pada kondisi dimana kita harus bener-bener menelefon ke nomor tujuan dari yang mau kita hubungi. Contohnya, misalnya si orang yang mau kita hubungi itu tidak memiliki jaringan internet, mungkin karena memang daerahnya tidak terjangkau internet, atau memang lagi ga ada kuota internet. Kemudian contoh lain yang ingin saya bahas adalah ketika kita ingin menghubungi nomor landline (seperti nomor telpon rumah atau nomor telpon kantor).

Contoh realnya adalah misalnya ketika kita sedang berada diluar negeri, dan kita kehilangan kartu ATM atau kartu kredit kita yang diterbitkan di Indonesia. Nah mau ga mau kita harus menelepon bank asal penerbit kartu tersebut untuk melaporkan kehilangan. Karena tidak mungkin menggunakan Facebook, Whatsapp atau messenger lainnya untuk hal-hal urgent seperti itu. Atau misalnya kita yang di Indonesia ingin menelepon institusi atau perusahaan di luar negeri ke nomor landline mereka.

Salah satu opsi untuk bisa melakukan telpon ke luar negeri murah ini adalah dengan menggunakan Skype International Low Call Rates. Kedengerannya kaya iklan banget ya? Tapi memang tarif telpon internasional menggunakan skype ini sangat murah menurut saya. Berapa sih murahnya?

Per 30 November tulisan ini dibuat, disadur dari  Skype Low Call Rates telepon ke Indonesia dari Swedia biayanya: (kurs mata uang Swedia adalah SEK, dimana 1SEK = 100 öre= Rp.1.600,-)

  • Indonesia Mobiles: 51 öre/min (kurang lebih 800 rupiah per menit)
  • Indonesia Landlines: 35,3 öre/min (kurang lebih kurang lebih 550 rupiah per menit)

Skype awalnya diciptakan oleh Swede (sebutan untuk orang Swedia) di tahun 2003, sebelum akhirnya dibeli oleh Microsoft di tahun 2011. Sampai saat ini walaupun bertebaran online messenger, Skype masi menjadi platform komunikasi paling unggul terutama untuk komunikasi business dan video call. Kualitasnya yang bintang 5 baik suara dan videonya menjadikan platform ini masi paling diunggulkan dibandingkan dengan yang lainnya. Dan juga skype merupakan platform video/voice call native (bawaan) di Windows 10.

Nah syarat utama untuk menggunakan telepon ke luar negeri menggunakan Skype ini adalah:

  1. Punya akun Skype
  2. Punya jaringan internet
  3. Punya Skype Credit / Saldo

Dengan 3 syarat tersebut terpenuhi,  kita bisa melakukan panggilan ke landline/mobile phones. Untuk memiliki skype credit, kita tinggal beli saja seperti melakukan pembelian online menggunakan kartu debit/kredit mastercard/visa. Pengisiannya sangat instan dan tidak ada delay.

Pengalaman saya menelepon call center Bank CIMB dan Bank Mandiri dari Swedia menggunakan Skype adalah:

  1. Telepon ke Call Center Bank Mandiri (+622152997777)
    Durasi: 2 menit 43 detik
    Biaya: 1.64 SEK
    Biaya / menit = 0.55 SEK / menit = kurang lebih 900 rupiah per menit
    Kualitas suara: ***** (bintang 5)
  2. Telepon ke Call Center Bank CIMB Niaga (+622129978888)
    Durasi: 7 menit 24 detik
    Biaya: 3.4 SEK
    Biaya / menit = 0.425 SEK / menit = kurang lebih 700 rupiah per menit
    Kualitas suara: ***** (bintang 5)

Sesuai betul dengan tarif yang ada di webnya Skype. Begitu juga kalau telefon ke luar negeri dari Indonesia, saya lihat biayanya sangat terjangkau. Pastinya, Skype Low Call Rates ini sudah lama ada, tapi baru sekarang bener-bener membantu saya dalam berkomunikasi di lintas negara. Tulisan ini ga ada endorse dari pihak manapun, tapi kalau ada yang mau ngendorse boleh juga.

Semoga bermanfaat.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s