Cara Isi Ulang Mandiri e-Money di Android

mandiri-emoney

Baru minggu kemarin saya mengetahui kalo sekarang isi ulang Mandiri e-money bisa lewat handphone!! Ga perlu ke alfamart, indomart, ATM ataupun stasiun. Padahal aplikasi ini sudah di launching resmi dari bulan Februari 2015 lalu di Playstore. Nah kalo dipostingan tempo hari tentang cek saldo e-money bisa dilakukan lewat Android yang ber-NFC, kini isi ulangnya pun juga uda bisa! Canggih yak. Apa aja syaratnya?

  1. Smartphone Android berfitur NFC
    Kenapa cuma Android? Karena sampai sekarang perangkat Apple seperti iPhone 6s yang paling mutakhir, NFCnya hanya diperbolehkan untuk Apple Pay.
    Kenapa harus smartphone yang ber-NFC? Kalo ga ada NFCnya ya ga akan bisa cek saldo maupun isi ulang! List smartphone yang ber-NFC bisa dilihat disini. Biasanya handphone kelas atas ataupun flagship dari suatu vendor pasti sudah dilengkapi dengan NFC.
  2. Kartu debit bank yang sudah mendukung 3D Secure
    Apa itu 3D Secure? Simplenya 3D Secure itu layanan dari Visa/Mastercard sebagai kode otorisasi tambahan yang dibutuhkan ketika melakukan transaksi online. Jadi ketika kita lagi transaksi menggunakan kartu debit yang mendukung 3D Secure maka kode otorisasi akan dikirimkan ke nomor HP kita sebagai pengaman tambahan. Jika kode otorisasi salah maka transaksi dibatalkan.
    Kartu debit apa saja yang mendukung 3D Secure ini? Yang sudah support yaitu Bank Mandiri, Bank BNI, Bank CIMB Niaga dan Bank Mega. Nah kok Bank BCA belom ya? Tanya kenapa.

Caranya seperti ini :

  1. Install aplikasi Mandiri e-money isi ulang dari Playstore.
  2. Setelah terinstall, nyalakan NFC di smartphone dan tempelkan kartu e-money dibelakang smartphone dan diamkan. Akan tampil aplikasi isi ulang dengan informasi saldo dan pilihan nominal topup.

    Pilih topup

    Pilih nominal top up

  3. Setelah memilih nominal, isi nomor kartu debit disertai dengan masa berlaku dan kode CVV (kode 3 digit terakhir di belakang kartu)

    Isi informasi kartu debit

    Isi informasi kartu debit

  4. Akan ada konfirmasi nominal top-up dan biaya fee. Jika menggunakan kartu debit Mandiri, maka fee nya 2000 rupiah / transaksi. Jika menggunakan kartu debit bank lain dikenakan 4000 / transaksi.

    Konfirmasi pembayaran

    Konfirmasi pembayaran

  5. Masukkan kode otorisasi yang dikirimkan ke nomor HP. Inilah step yang disebut dengan fitur 3D Secure. Tenggat waktu kode biasanya hanya 1-5 menit.

    Kode otorisasi

    Kode otorisasi

  6. Angkat kartu dari cover belakang smartphone sejenak kemudian tempelkan kembali kartu ke cover belakang dan jangan dilepaskan. Proses pengisian saldo dari HP ke kartu sedang berlangsung.
  7. Setelah itu saldo akan berhasil terisi.
    Pengisian berhasil

    Pengisian berhasil

    Cukup mudah ya? Salut sama Bank Mandiri bisa menjadi pionir pengisian ulang e-money melalui smartphone di Indonesia. Paling mudah isi ulang e-money itu ya menurut saya cuma Mandiri. Di seluruh ATMnya bisa isi, di alfamart / indomart / merchant juga bisa isi. Sekarang bisa isi kapanpun melalui smartphone. Toppp! 5 bintang buat Bank Mandiri.

Advertisements

8 thoughts on “Cara Isi Ulang Mandiri e-Money di Android

  1. Walidin

    gede juga biaya transaksinya dari bank lain ya mas. saya pernah pakai e-money mandiri (dari hadiah) namun karena saya tidak tahu isi ulang bisa dilakukan dari bank lain maka saya pakai sekali aja. itu kartu ada expirednya ga yah saya lupa.

    Reply
  2. indah

    mau nambah info,
    klo misalnya punya internet banking mandiri, bisa isi ulang di internet bankingnya dulu,

    abis itu buka aplikasi “e-money isi ulang” ini dan setelah tempel kartu, akan keliatan ada saldo pending. pilih aja itu, nanti aplikasinya akan minta tempel kartu skali lagi untuk update saldo dan abis selesai saldo kita akan langsung nambah, dan ga kena fee sama sekali

    cheers

    Reply
    1. Ridwansyah Post author

      Betul informasinya. Tapi saya pernah kejadian beberapa kali ketika update pending saldo seperti itu, ketika sedang proses tiba2 gagal. Dan ketika scan kartu sudah tidak ada pending saldo lagi. Artinya blass updatean saldo melayang 25ribu. Lebih baik paling aman isi di atm. Hehe

      Reply
  3. Aini

    udah coba nie tapi pas input kartu kok ,,nothing happen ya..alias otorisasi 3D nya ngga muncul… apa yang salah ya..

    Reply
    1. Ridwansyah Post author

      Sepengikutin saya di Aplikasi ini dan beberapa review di Playstore, banyak sekali pengalaman gagal terisi saldo di emoney padahal rekening sudah terdebet. Dan rating aplikasi pun kemarin saya lihat tinggal 3.2 dari 5. Saya jg pernah kehilangan 50ribu terdebet di rekening, tpi emoneyt tidak terisi. Kalau kita komplain, kita harus dateng ke CS Mandiri dan bawa KTP, bukti pengisian dan mutasi tabungan kita. Melelahkan sekali, padahal karena benar-benar kesalahan aplikasi. Jadi hemat saya, lebih aman isi di di ATM, Alfamart atau Indomart dan merchant2 yang bisa mengisi ulang emoney. Dan juga per hari ini aplikasi emoney terakhir diupdate pada bulan April kemarin. Mungkin juga development aplikasi dan supportnya sudah tidak dilakukan lagi.

      Reply
    2. Fitria

      3D otorisasi harus ke CS dulu atau mandiri terdekat, didaftarkan debit mandirinya agar bisa mendapat PIN Token melalui SMS.

      Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s