Sekarang ke Qatar udah ga perlu Visa lagi dari Indonesia. Visa-free available saat kedatangan!!

Courtesy of Qatar Airways

Tadi sore di-sms sama Qatar Airways yang isinya kira-kira seperti ini :

You can now take advantage of Visa free entry into Qatar, thanks to our new waiver upon arrival. Exploring Qatar just got easier. Visit http://bit.ly/2wHuK0A

Saya langsung buka linknya dan ternyata benar. Per hari ini (28 Agustus 2017) Indonesia termasuk ke dalam 80 negara yang bisa mendapatkan Visa-Free entry ke Qatar selama 30 hari, baik itu single trip ataupun multitrip. Sebelum informasi visa-free ini, kita warga Indonesia harus mengurus visa untuk masuk ke Qatar. Walaupun sebetulnya bisa kita urus saat tiba di Qatar (Visa on Arrival), tentunya dengan membayar biaya sesuai dengan peraturan dari KBRI Doha. Tapi sekarang uda ngga perlu lagi!

Sepertinya semenjak blokade negara-negara tetangga Qatar bahwa maskapai Qatar Airways tidak boleh terbang melintasi dan landing ke negara-negara Saudi Arabia, UAE, Mesir dan Bahrain pada 7 Juni 2017 lalu dengan tuduhan mendukung terorisme, sedikit banyak membuat penjualan tiket airline berkurang, IMHO. Seperti dari Indonesia, jamaah umroh yang menggunakan travel, dahulu banyak yang menggunakan Qatar Airways untuk terbang ke Jeddah dari Indonesia. Tapi semenjak pelarangan ini, maka travel/jamaah mungkin akan memilih penerbangan lain dari pada harus transit /dan bertukar airlineyang memakan waktu lebih rumit.

Hal ini tentu membuat pemerintah Qatar harus memutar otak bagaimana agar Qatar dapat tetap menjadi destinasi wisata tujuan dengan menggunakan maskapai Qatar Airways dari berbagai mancanegara. Salah satunya saya pikir adalah dengan inovasi visa gratis ini, bagi 80 negara yang masuk dalam daftar yang sudah ditentukan dibawah ini.

Visa Waiver Categories

Indonesia masuk ke dalam kategori visa-free saat kedatangan yang akan diberikan di Imigrasi Doha dengan validity selama 30 hari semenjak diterbitkan. Ini berlaku untuk single trip atau multitrip, artinya jika kita mendapatkan visa selama 30 hari untuk kunjungan, ketika kita keluar Qatar dan minggu depan masuk Qatar lagi, visa kita masih berlaku. Nah, kalau dari websitenya syarat untuk mendapatkan visa-free ini hanya dua item:

  1. Paspor yang masih berlaku (dengan minimum masa berlaku diatas 6 bulan)
  2. Tiket penerbangan selanjutnya (onward ticket) atau tiket kembali ke negara asal (return ticket) yang sudah dikonfirmasi.
    Nah untuk poin nomor 2 ini, Qatar ingin memastikan bahwa orang-orang yang masuk ke negaranya adalah betul-betul orang yang bisa kembali ke negara asalnya atau orang yang hanya transit melanjutkan penerbangan. Hal ini dilakukan sepetinya untuk menghindari para job-seeker yang memanfaatkan visa gratis.

Nah pertanyaannya bagaimana dengan turis yang berkunjung tapi belum memiliki tiket pulang atau tiket penerbangan selanjutnya? Hmm, mungkin tidak akan diizinkan masuk oleh imigrasi Qatar, karena mungkin bisa dicurigai kalau turis tersebut ingin memanfaatkan free visa ini untuk tujuan mencari kerja atau lainnya.

Kemudian bagaimana dengan Doha Free City Tour seperti yang telah saya ceritakan dipostingan sebelumnya, apakah masih ada? Hmm, menurut saya masih, dan jika memang masih ada saya rekomendasikan untuk mengikutinya karena sangat bermanfaat daripada menunggu waktu transit yang lama hanya di dalam bandara!

Semoga informasi ini bermanfaat

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s